Siantar, Sumut, Fokus24id-Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani melakukan peletakan batu pertama bedah rumah oleh Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS), di Jalan Lapangan Bola Bawah, Kelurahan Parhorasan Nauli, Kecamatan Siantar Marihat, Rabu (13/09/2023) pagi. 

Sambutannya, dr Susanti mengapresiasi pelaksanaan bedah rumah yang dilakukan BAZNAS Kota Pematang Siantar. 

"Kami sampaikan terima kasih atas program yang dilaksanakan ini, dan ini menunjukkan BAZNAS telah menjalankan amanahnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kota Pematang Siantar," kata dr Susanti. 

Wali Kota berharap bedah rumah bisa dilakukan secara periodik. Tetapi tentunya bukan hanya bedah rumah, namun juga  kegiatan-kegiatan masyarakat yang diperlukan, khususnya untuk seluruh masyarakat 

Tidak lupa, dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi dengan melakukan infaq dan sedekah.

"Kami memastikan, BAZNAS akan melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya, dan tentunya akan menyalurkan dana yang dihimpun, baik dari zakat, infaq, maupun sedekah, untuk kemakmuran masyarakat," terang dr Susanti. 

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, lanjut dr Susanti, tetap fokus dan berkomitmen terhadap penguatan-penguatan nilai keagamaan, agar bisa memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat Kota Pematang Siantar.

dr Susanti mengakui Pemko Pematang Sianțar tidak dapat berjalan sendiri. Melainkan harus bersinergi dan berkolaborasi, baik dengan lembaga-lembaga swasta maupun pemerintah serta komponen lainnya, untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan yang diamanahkan tersebut.

Ia pun mengajak para aparatur sipil negara (ASN) maupun pengusaha ataupun masyarakat agar menyisihkan dan membayar zakat serta menggalakkan sedekah dan infaq.

"Hal ini menunjukkan ketaatan kita kepada Tuhan yang Maha Kuasa, menunjukkan rasa peduli kita kepada saudara-saudara maupun sanak famili kita, yang sangat membutuhkan uluran tangan kita. Sehingga seluruh masyarakat dapat terbantu secara bertahap dan kita bisa bersama-sama untuk memajukan Kota Pematang Siantar," tuturnya.  

Sebelumnya, Ketua BAZNAS Kota Pematang Siantar H Muslimin Akbar dalam laporannya menyampaikan dalam program bedah rumah tersebut, ada 4 unit rumah yang dibedah dengan nilai Rp25 juta.  

"Ini bukti zakat umat Islam yang dikelola oleh BAZNAS dan diberikan amanah untuk menyalurkannya dalam program bedah rumah," terangnya. 

Keempat unit 4 unit rumah tersebut, yakni di Kecamatan Marihat 1 unit, Kecamatan Siantar Sitalasari 2 unit, dan Siantar Utara 1 unit. 

Hadir pada kegiatan ini, Camat Siantar Marihat Henri Gunawan Purba, pimpinan Bank Sumut Syariah, Drs Iman Nainggolan selaku tokoh masyarakat, pengurus BWI, pengurus KUA Siantar Marihat, dan pengurus Muhammadiyah.