300 Pekerja Pabrik dan 400 Masyarakat Terima BLT, Ini Kata Wali Kota Pematang Siantar

Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (BLT DBH-CHT) kepada 700 orang.

Rinciannya adalah 300 pekerja pabrik rokok dan 400 masyarakat terverifikasi. Kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Senin (28/08/2023).

dr Susanti menyampaikan, pemberian bantuan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Bantuan ini diharapkan dapat digunakan secara efektif dan tepat sasaran, serta meringankan beban hidup masyarakat," sebut dr Susanti.

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti mengutarakan, renovasi kantor Dinsos P3A  yang sedang berlangsung demi meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bersama.

"Di Kota Pematang Siantar, proses pembangunan sedang berlangsung, dan dampaknya dirasakan oleh masyarakat," tutur dr Susanti.

Susanti juga menegaskan langkah-langkah yang diambil oleh Pemko Pematang Siantar bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap doa dan kerjasama dari kita semua agar dapat mewujudkan Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinsos P3A Kota Pematang Siantar Pardomuan Nasution SS MSP dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan program ini sesuai Surat Keputusan (SK) Wali Kota Pematang Siantar tentang Penerimaan BLT DBH-CHT, dengan total 700 penerima.

"Dari jumlah tersebut, 400 orang merupakan pekerja dari pegawai PT STTC dan selebihnya berasal dari masyarakat. Setiap penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp1.200.000 yang akan disalurkan oleh Bank Sumut," terang Pardomuan.

Pardomuan juga menjelaskan, salah seorang penerima bantuan telah meninggal dunia dan tidak memiliki ahli waris, yakni Jan Anri Julisman Sinaga (48), warga Jalan Linggar Jati, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Siantar Timur.

"Sehingga dana yang sudah diterima akan dikembalikan ke kas negara," sebut Pardomuan.  

Acara ini ditandai dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada para penerima manfaat oleh dr Susanti dan unsur Forkopimda Kota Pematang Siantar.

Di sela-sela pemberian bantuan, perwakilan penerima manfaat, Junaidi, mengucapkan  terima kasih kepada dr Susanti.  

"Kami berharap dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya, dan semoga setiap tahunnya bantuan ini terus diberikan oleh Ibu Wali Kota," pungkasnya.

(ADV/Putri)