Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA membuka Kompetisi Onan Fest 2023 (Olahraga dan Kesenian Nommensen), di Sport Center Universitas HKBP Nomensen Pematang Siantar, Senin (17/07/2023).

Sebagai tanda dibukanya Kompetisi Onan Fest 2023 Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA melakukan servis bola dan melepaskan balon.

Dikatakan Susanti, Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar ini memiliki lahan yang cukup luas dan memiliki rektor yang humble dan mendukung penuh kegiatan anak muda.

"Dan yang pasti, universitas ini selalu mengikuti perkembangan Kota Pematang Siantar," tutur dr Susanti.

Alumni UGM inj juga mengingat kenangan di Aula Universitas HKBP Nommensen pasa tahun 1995. Saat itu, ada grup band terkenal dari Jakarta untuk kali pertama bisa tampil di Kota Pematang Siantar, yakni Kahitna.

"Penontonnya begitu membludak, yang didominasi anak-anak muda," ujar wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar ini.

Dalam kesempatan tersebut, dokter spesialis anak itu mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Kompetisi Onan Fest 2023.

Menurut dr Susanti, kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut bisa menumbuh- kembangkan bakat mahasiswa dan menjadi ajang silaturahmi.  

Di Kota Pematang Sianțar, sambung dr Susanti, usia produktif yakni 16-65 tahun sebesar 67,2 persen.

Karenanya, dr Susanti mengajak untuk memiliki tanggung jawab dalam menyiapkan generasi muda dan mahasiswa untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

"Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan seperti ini," ujar mantan Direktur  RSUD dr Djasamen Saragih ini.

Pemko Pematang Siantar, lanjut dr Susanti, memiliki komitmen yang tinggi dan tetap konsisten dalam kegiatan positif seperti yang dilakukan saat ini.

"Kegiatan ini  untuk meningkatkan SDM kita, yang unggul, berkualitas, dan memiliki daya saing," tuturnya.

Terkait Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2024, dr Susanti menyampaikan Kota Pematang Siantar sudah menyiapkan untuk venue kegiatan indoor, yakni Kick Boxing di Gedung Olahraga (GOR).

"Insya Allah GOR sudah bisa kita siapkan dan tentunya Pemko Pematang Siantar bersama pihak pengelola mempunyai komitmen dan selalu mengevaluasi serta memonitor pembangunan gedung tersebut," terang dr Susanti.

Selain itu, lanjutnya, Pemko Pematang Siantar juga mempersiapkan beberapa cabang olahraga seperti Catur dan Taekwondo untuk terlebih dahulu mengikuti kompetisi.

"Mudah-mudahan utusan dari Kota Pematang Siantar dapat memperoleh kemenangan di tingkat provinsi sehingga bisa mewakili Provinsi Sumut di PON tahun 2024," tutur alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta ini.

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, Toni Simangunsong menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan.

Kegiatan ini, lanjut Toni, diharapkan menjadi kegiatan positif untuk menekan sejumlah tindakan kriminal, seperti aksi begal.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar Dr Muktar Panjaitan MPd juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran dr Susanti.

Kepada dr Susanti, Muktar berharap agar tetap memerhatikan pendidikan di Kota Pematang Siantar, mulai tingkat paling dasar hingga perguruan tinggi.

(ADF/Hot)