Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani dan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Penandatanganan MoU dilakukan di ruang audiensi Rektor USU di Medan, Selasa (14/03/2023) sore.

Sambutannya, dr Susanti menyampaikan, USU memiliki sejumlah keunggulan. Diantaranya Sumber Daya Manusia (SDM), perangkat kelembagaan yang kuat, dan mempunyai kemampuan melakukan kajian serta penelitian.

Sehingga USU diharapkan dapat menjadi agen pembangunan bagi pemerintah daerah, khususnya Kota Pematang Siantar.

Sesuai Undang-Undang (UU) Otonomi Daerah, lanjutnya, pemerintah daerah diberi keleluasaan dalam meningkatkan SDM.

"Tentunya kerjasama antara Pemko Pematang Siantar dengan Universitas Sumatera Utara adalah langkah strategis untuk membangun kota yang kita cintai," tutur mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar ini.  

Lebih lanjut, dr Susanti yang memeroleh gelar dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran USU tersebut, berharap kerjasama ini berlanjut dan membawa kebaikan bagi USU mengimplementasikan wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Pemko Pematang Siantar juga dapat menerima manfaat dengan melibatkan SDM yang ada serta berbagai hal lainnya. Sehingga kegiatan hari ini merupakan payung hukum buat kami. Kedepannya akan banyak lagi kerjasama yang akan kita lakukan, untuk percepatan pembangunan di Kota Pematang Siantar," sebut dr Susanti.

dr Susanti mengharapkan kerjasama tersebut dapat mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam penguatan kelembagaan dan peningkatan kualitas SDM di kedua belah pihak.

"Semoga pelaksanaan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik, dan dapat diimplementasikan sebagaimana seharusnya," tukasnya.

Sementara Rektor USU Dr Muryanto Amin menyambut baik kesempatan bekerjasama dengan Pemko Pematang Siantar, yang dikukuhkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman atau MoU.