Medan, Sumut, Fokus24.id-Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Utara (Sumut) menggelar Temu Karya Relawan (TKR) di kawasan Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, 27 Oktober-1 November 2022.

Dalam sambutannya, Ketua PMI Sumut, DR H Rahmat Shah menerangkan, TKR ini merupakan program PMI dalam meningkatkan kapasitas dan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki.

Dengan peningkatan SDM ini, relawan PMI Sumut akan dapat menjaga konsistensi dan komitmennya untuk selalu hadir serta siap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Perlu kita ketahui bersama, Palang Merah Indonesia saat ini menjadi organisasi yang terus berkembang. PMI tidak lagi sekedar menjalankan donor darah semata,"

"PMI kini dituntut hadir membantu masyarakat dalam berbagai aspek, seperti penanggulangan bencana banjir, gempa bumi, kebakaran, anging puting beliung dan penyediaan air bersih. Bahkan PMI juga hadir dalam penyelesaian konflik antarsuku dan golongan," tutur Rahmat Shah saat membuka kegiatan, Jumat (28/10/2022).

Untuk itu, Ia mendorong seluruh jajaran Pengurus PMI Kabupaten/Kota di Sumut untuk terus melakukan perekrutan dan pembinaan bagi seluruh relawan.

Dengan demikian, PMI Sumut dapat menjalankan fungsinya sebagai mitra pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Sumatera Utara sebagaimana tema kegiatan TKR 2022  “Sumut Bangkit Bersama Relawan".

"Mari bersama-sama kita meningkatkan pembinaan dan mengembangkan sumber saya yang ada di PMI sebagai bentuk kontribusi dalam memajukan organisasi ini. 
Mudah-mudahan kerja keras kita semua mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Esa," pungkasnya.

Ketua Bidang Anggota dan Relawan PMI Sumut, Dr Fitri Rahmadana, M.Si., menambahkan juga Novan Efendy Siregar sebagai Pengurus PMI Sumut dalam TKR PMI Sumut 2022 ini diikuti 22 kabupaten/kota se Sumut dengan total 1.000 relawan.

"Selama lima hari kegiatan, seluruh relawan dari latar belakang budaya, minat dan pendidikan berbeda akan bertemu dan berpartisipasi aktif untuk saling mengembangkan diri, bertukar pengalaman, belajar dari keterampilan masing-masing dan mengekspresikan potensi serta kreativitasnya," jelas  Ade Yudiansyah sebagai ketua Markas PMI Sumut.

Turut hadir unsur Muspika Kabupaten Simalungun, Pematangsiantar dan kab Toba.