Siantar, Sumut, Fokus24.id-Jenis ayam siam mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan para pecinta unggas.

Spesies unggas berasal dari Thailand dan telah diakui dunia yang merupakan salah satu jenis ayam petarung berkualitas, ternyata bukan hanya ada di luar negeri, di Indonesia juga banyak pecintanya.

"Masyarakat Siantar Simalungun juga sudah banyak yang memelihara ayam siam ini." Kata Baringin Siahaan, Rabu (06/07/2022) sekira jam 12.00 WIB.

Berangkat dari banyaknya pecinta ayam siam di Siantar Simalungun, inisiatif serta ide kreatif Baringin pun muncul dan langsung ia laksanakan.

Dengan anggaran miliaran rupiah, ia akhirnya membangun sebuah gedung mewah berukuran 20x25 meter di Nagori Bosar, Kecamatan Panombean Panei, Kabupaten Simalungun,

"Kalau ditotal, danaku untuk membangun gedung ini bernilai Rp 1.2 M. Mulai beli tanah, dan buat jalan serta sejumlah fasilitas." Ungkapnya.

Dengan berdirinya bangunan ini, kedepannya, ide kreatif murni dari pikiriannya akan ia kembangkan di Simalungun, agar seluruh peternak ayam siam mempunyai peghasilan lebih,

"Peternak ayam siam kan butuh kehidupan. Semoga, melalui gedung yang saya bangun ini kedepannya akan kita buat peternak ayam akan mempunyai penghasilan." Ujarnya.

Selain tekad mensejahterakan peternak ayam siam, ia juga akan berusaha memberikan kontribusi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun,

"Ada rencana setiap Minggu akan kita gelar event kontes ketangkasan ayam. Melalui kontes event inilah nanti akan kita dongkrak PAD di Simalungun." Jelasnya bahwa bangunan miliknya ini semoga bermanfaat untuk meningkatkan PAD Simalungun, dan dapat memajukan pariwisata yang jarak ke Danau Toba berkisar 50 KM.

Ditanya, apa yang akan ia lakukan melalui bangunan tersebut, mengapa ia mampu memberikan PAD, bernada semangat, Baringin mengatakan melalui bangunan tersebut, setiap hari Sabtu dan Minggu ia akan menggelar kontes ayam siam, 

"Retribusi ternak ayam pasti ada. Ini salah satu cara yang bisa kita lakukan. Dan masih banyak lagi.” jawabnya.

Ternyata, dengan adanya bangunan tempat kontes ketangkasan ayam, secara otomatis juga akan berpengaruh pada sektor pariwisata,

"Coba bayangkan, apabila ini berjalan, para pecinta ayam siam dari seluruh provinsi saya pastikan akan datang kemari. Secara otomatis, para pengusaha hotel juga akan kecipratan rejeki." Ucapnya.

Semoga dengan adanya ide kreatif ini, kedepannya akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi para pencari kerja,

"Dampaknya juga saya lihat kesana arahnya. Intinya banyak manfaat yang kita peroleh dengan adanya gedung ini, karena lokasi seperti ini, hanya satu satunya di Indonesia." Pungkasnya.