Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Lapas Kelas IIA Pematangsi menggelar razia kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (18/05/2022) sekira jam 20.30 WIB.

Razia dipimpin langsung KPLP Raymond Andika Girsang beserta jajaran regu jaga dan staff pengamanan, CPNS dan Taruna Poltekip.

"Razia ini dilakukan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban. Kegiatan rutin ini juga merupakan salah satu cara dalam mengontrol dan memantau keadaan kamar hunian," jelas Kalapas Tavip.

Selain merazia, petugas juga memeriksa kondisi fisik tembok jeruji besi dan gembok serta keadaan instalasi listrik di dalam kamar hunian demi mencegah korsleting arus listrik," imbuhnya.

Lanjut, Thavid setiap hari, dirinya tetap mengingatkan dan mengimbau kepada jajaran pengamanan selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas pengawasan terhadap aktifitas WBP di dalam kamar hunian,

"Termasuk petugas diminta selalu memeriksa pintu utama Lapas dan barang masuk dan keluar untuk meminimalisir mencegah mengganggu keamanan, ketertiban dalam Lapas. Bahkan petugas yang akan masuk juga tidak luput dalam pemeriksaan oleh petugas pintu utama." Katanya.

Ia juga meminta melalui Layanan Penitipan Barang dan Makanan bagi keluarga WBP, agar dilakukan pemeriksaan secara manual dengan menggunakan mesin X-Ray Bioshin untuk meminimalisir barang terlarang masuk kedalam lapas

"Kami meminta kerjasama kepada pihak-pihak terkait baik Apgakum (Aparat Penegak Hukum) kota pematangsiantar dan kabupaten Simalungun serta masyarakat maupun media untuk tetap mendukung terwujudnya Lapas Kelas IIA Pematangsiantar menjadi  Zona integritas menuju WBK dan WBBM tahun 2022," pungkasnya.

(Fendi Purba