Medan, Sumut, Fokus24.id-Sat Reskrim Polrestabes Medan berhasil mengungkap aksi komplotan pencuri meresahkan masyarakat dengan menyamar sebagai petugas PDAM.

"Empat orang pelaku diringkus. tiga pelaku terpaksa ditembak pada bagian kaki dan satu meninggal dunia setelah timah panas bersarang didadanya." Jelas Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Kompol Firdaus.

"Adapun keempat komplotan pencuri yang ditangkap bernama Indra alias Yana (49), Tasrif (54), Donald Irza Simangunsong (43) dan Efrizal Chandra (43)." Imbuhya.

Lanjut Kasat Reskrim, ia mengatakan keempat pelaku ditangkap setelah terbukti melakukan pencurian di rumah korban Juli (39) warga Jalan Jemadi, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan.

Sambungnya, saat melancarkan aksinya, para pelaku berhasil menggasak harta benda milik korban, Kamis (24/03/2022).

"Lalu aksi para pelaku viral di media sosial (medsos),” tambahnya, Rabu (30/3).

Menerima laporan dari korban, Tim Jatanras kemudian melakukan penyelidikan dan menganalisa rekaman CCTV.

Alhasil, petugas mengantongi identitas para pelakunya bernama Indra, Donald Irza Simangunsong, Tasrif dan Efrizal Chandra.

“Keempat pelaku berhasil ditangkap saat akan melakukan aksinya lagi dengan menyamar menjadi petugas PDAM. Mereka ditangkap lengkap dengan helm PDAM, alat meteran dan kamera,” ungkapnya.

Saat pelaku akan di amankan pelaku memberontak dengan mencoba merebut senjata petugas,

"Dengan sigap personil mengambil tindakan tegas dengan menembak para pelaku." Ujarnya.

Ternyata, para pelaku sudah 6 kali melakukan aksi pencurian dengan modus yang sama.

Dalam penangkapan itu turut diamankan barang bukti diantaranya dua unit sepeda motor Honda Beat, jaket, helm PDAM dan uang tunai Rp 21 juta.

"Kini, para pelaku sudah ditahan di Mako Sat Reskrim Polrestabes Medan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan terancam hukuman di atas lima tahun kurungan penjara," Tandasnya.

(Ozy)