Taput, Sumut, Fokus24.id-Perbaikan jalan di Desa Huta tua Kecamatan Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara sangat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Kini masyarakat lebih mudah mengangkut hasil pertaniannya.

Selama ini jalan desa yang ada di daerah terpencil itu sulit dijangkau karena licin apalagi saat musim hujan tiba,.

"Sebelum jalan ini diperbaiki, sering kenderaan warga tergelincir saat menuju ladang mereka, apalagi kalau musim hujan jalan ini tidak bisa dilalui," terang warga marga Manalu saat di jumpai dilokasi, Jumat, (02/08/2024)

Saat ini warga menuju ladang mereka tidak terkendala lagi dan hasil pertanian sudah dengan mudah diangkut ke kota kecamatan.

"Kami sangat bersyukur jalan ini diperbaiki, kami tidak kesulitan lagi menuju dan mengangkut hasil pertanian kami," ucap warga marga Manalu.

Terpisah, kepala Desa Hutatua Tomus Manalu mengatakan Perbaikan jalan tersebut berkat adanya Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan PT. Partogi Hidro Energi dalam bentuk alat berat gratis selama 14 hari.

"Bantuan alat berat gratis selama 14 hari kami gunakan untuk memperbaiki jalan itu, dan untuk meninggikan badan jalan memakai batu sertu (batu campuran) yang sebelumnya sangat terjal.

Kami mengalokasikan anggaran dari dana desa untuk menyewa dump truk  mengangkut material kelokasi perbaikan jalan tersebut," terangnya.

Lanjutnya, perbaikan jalan dengan lebar 4 meter dan panjang kurang lebih 2,5 Kilometer, dan ia  berharap  warga dapat memelihara/  merawat  jalan tersebut supaya dapat bertahan lama karena itu untuk kepentingan bersama.

(Aman Siregar)