Taput Sumut Fokus24.id-Ketua Fraksi Hanura DPRD Tapanuli Utara (Taput), Frengky P. Simanjuntak SE. MSi. sarankan agar Penjabat Bupati Taput Dr Dimposma Sihombing SSos MAP segera melakukan evaluasi terhadap pejabat yang kinerja dan karakternya tidak baik.

Saran tersebut tertuang dalam pendapat akhir Fraksi Hanura DPRD Taput terhadap nota jawaban Bupati Taput atas Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2023 yang disampaikan pada rapat paripurna baru-baru ini.

Dikutip dalam pendapat akhir Fraksi Hanura DPRD Taput, Kamis, (18/7/2024) juga memberikan catatan-catatan penting untuk ditindaklanjuti masing-masing pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dimana resume hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan temuan BPK tahun anggaran 2023 agar ditindaklanjuti demi tertib administrasi dan berjalannya pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selain itu dinas terkait agar segera mengoperasikan unit pengolahan pakan konsentrat unggas di Desa Bahal Batu Kecamatan Siborong-borong dan dinas terkait juga agar segera memperbaiki irigasi air tanah dalam di Desa Parsorminan, Kecamatan Pangaribuan.

Hal penting lainnya, Fraksi Hanura juga meminta agar Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara segera menindaklanjuti kebenaran informasi dugaan oknum pejabat yang berprilaku kurang baik hingga issu yang berkembang di sosial media dan media cetak sudah berkembang menjadi konsumsi publik.

"Ini salah satu hal yang mempengaruhi pembangunan karakter bangsa karena sudah sangat meresahkan, dimana adanya perilaku seseorang di daerah kita dapat merusak moral dan karakter bangsa. Jadi pembiaran yang kita lakukan akan berdampak pada kemerosotan moral dan peradaban yang baik kita hancurkan apabila tidak melakukan evaluasi terhadap oknum yang melakukan hal tersebut," ungkap Frengky dalam pandangan akhir  Fraksi Hanura DPRD Taput.

(Patar Lumban Gaol)