Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Mau tahu berapa anggaran untuk KPPS se Kabupaten Simalungun pada saat Pemilu sepekan lalu, ungkap seorang pria yang tak ingin namanya ditulis dalam pemberitaan disekitar Kantor Camat Siantar, Kabupaten Simalungun kepada Fokus24.id.

Tanpa canggung, pria belakangan mengakui bahwa dirinya saat ini masih aktif bekerja menghitung jumlah suara Paslon Presiden dan Wakil, Caleg DPR RI, DPR Provinsi, dan DPRD langsung mengirimkan RAB melalui aplikasi pesan WhatsApp,

"Ini anggaran KPPS seluruh Kabupaten Simalungun. Publikasikan bang, agar KPPS tahu, berapa sebenarnya anggaran untuk mereka." ujarnya seraya mengirimkan dalam bentuk PDF, Rabu (21/02/2024) jam 09.00 WIB.

Menurutnya, anggaran KPPS seluruh Kabupaten Simalungun besar karena mencapai Rp 549.600.000.,

"Dari anggaran itu, ada uang makan, pembuatan TPS, Sewa alat, biaya operasional, KPPS, Konsumsi dan Snack." Jelasnya lalu memerintahkan Fokus24.id agar membuka aplikasi PDF.

Sesuai yang tertulis, seperti diucapkan pria tersebut, memang benar apa yang ia sampaikan, biaya makan dan snack seharusnya seluruh KPPS menerima dalam bentuk uang tunai sebesar Rp60 ribu untuk dua kali makan saat pemilu.

Biaya konsumsi Snack juga ada. Untuk satu orang (KPPS) sebesar 15 ribu. Sehari 2 kali dapat jatah. Sehari dan di hari pemilu seharusnya KPPS menerima 60 ribu,

"Nyatanya, seluruh KPPS menerima nasi bungkus harga 10 ribu dan kue harga 3 ribu yang dikemas di dalam kotak." ungkapnya lagi.

Senada, terkait anggaran untuk KPPS, pria lain mengaku tengah bekerja menghitung suara di kantor Camat Panei meminta agar Kapolres Simalungun atau Kejari segera memanggil seluruh Ketua KPPS, PPK, Bendahara, Kepala Sekretaris KPU dan Komisioner,

"Kapolres atau Kejari perlu melakukan pemanggilan terkait anggaran KPPS. Terindikasi korupsi anggaran KPPS dilakukan secara masif." pinta pria bertubuh tegap mengaku sepekan ini dirinya kelelahan bekerja menghitung jumlah suara, sekira jam 10.30 WIB.

Ketua KPU Simalungun Johan Septian sebelumnya mengakui jika anggaran seluruh KPPS se Kabupaten Simalungun telah disalurkan ke kelurahan,

"Ada bang, dan sudah kami turunkan ke sekretaris Nagori atau kelurahan masing." jawabnya melalui pesan aplikasi WhatsApp.