Taput, Sumut, Fokus24.id-Meningkatkan kontribusi dalam mendorong optimalisasi sektor pertanian, PT. Toba Pulp Lestari memberikan dukungan 2200 bibit kopi dan 150 Zak kompos baru baru ini kepada Kelompok Tani Dosroha Onan Harbangan Nagasaribu Desa Pohan Julu, Dusun Nagasaribu Kecamatan Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara.

Alexander Sitorus, Community Development (CD) Officer menjelaskan, pemberian pupuk dan bibit kopi ini bagian dari program pemberdayaan masyarakat pertanian secara terpadu dan berkelanjutan, bekerjasama dengan Toba Pulp Lestari. Program ini merupakan bentuk dukungan PT. Toba Pulp Lestari terhadap pertanian yang merupakan leading sector pembangunan berkelanjutan, terangnya.

"Tahap awal program ini telah dilakukan pendampingan bagi petani binaan PT. Toba Pulp Lestari dari kelompok tani Dosroha Onan Harbangan Nagasaribu, mulai dari tata cara pengolahan lahan hingga pemupukan dan penanaman bibit dengan baik,” ujar Alex

Ketua Kelompok Tani Dosroha Onan Harbangan Nagasaribu binaan PT Toba Pulp Lestari, Dapot Simanjuntak menyampaikan terima kasih atas dukungan PT. Toba Pulp Lestari yang telah membina kelompok tani Dosroha untuk membangun pertanian di dusun III Nagasaribu, sebagai kesinambungan pembinaan perusahaan bagi anggota kelompok tani.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan, sehingga konsep pertanian presisi bisa mulai kami terapkan dengan baik. Kami harap dengan kesinambungan pembinaan PT Toba Pulp Lestari, para petani semakin berdaya dengan hasil optimal,” ujar Dapot Pasaribu.

Para anggota kelompok tani dosroha binaan PT Toba Lestari menyebutkan dukungan ini sangat diharapkan pihaknya untuk pemberdayaan petani, sekaligus pengembangan sektor pertanian di dusun III Nagasaribu. Hal ini merupakan salah satu sasaran pembinaan PT Toba Pulp Lestari bagi masyarakat dusun III Nagasaribu Desa Pohan Jae.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan PT Toba Pulp Lestari yang menggandeng Kelompok Tani Dosroha sebagai mitra pemberdayaan sektor pertanian masyarakat. Semoga dengan langkah baik ini, lahan yang tersedia mampu dioptimalkan kedepannya,” ujar anggota kelompok tani Dosroha diwakili oleh Op. Febri Simanjuntak.

(Patar Lumban Gaol)