Taput, Sumut, Fokus24.id-Hasil rapat koordinasi bersama stakeholder disepakati pembersihan APK dimulai Minggu tanggal 11 Februari 2014 yang akan diawali gelar apel siaga di kantor Bawaslu Taput dan akan bergerak untuk membersihkan APK peserta pemilu begitu juga dengan di kecamatan lainya.

Hal tersebut dikatakan koordinator sekretariat Bawaslu Taput, Marusaha Nababan usai rapat koordinasi teknis pelaksanaan pembersihan APK bersama Polri, Kesbangpol, Dinas Perhubungan dan Sat-Pol PP, di kantor Bawaslu Taput, Sabtu (10/02/2024).

"Bawaslu Taput akan membersihkan APK Parpol mulai tanggal 11 Februari 2024 secara masif dan sudah selesai dibersihkan satu hari sebelum hari H," ucap Marusaha Nababan.

Dikatakan, sebelumnya cara persuasif Bawaslu Taput telah menyurati peserta partai politik pemilu agar menurunkan APK/ baliho dan juga membuka  branding mobil  masing-masing secara mandiri.

"Harapan kita, sebelum pembersihan  seluruh peserta parpol pemilu dapat menurunkan semua APK masing-masing dan tidak ada lagi yang terpasang," harap Marusaha.

Untuk penertiban branding dan stiker di mobil penumpang umum, mobil pribadi dan becak bermotor Bawaslu Taput sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan dan Sat-lantas Polres Taput.

"Hari pertama penertiban APK untuk jenis kendaraan yang di branding atau pun stiker, akan di lakukan himbauan kepada pemilik kendaraan agar membuka branding pada kendaraannya,"terangnya.

Dikatakan, baliho atau billboard yang diamankan disimpan di kantor, dan jika parpol peserta membutuhkannya bisa diambil dari kantor Bawaslu Taput.

Sementara, Kasatpol PP Taput,  Rudi Sitorus, mengatakan bahwa sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan stakeholder, akan diadakan pembersihan APK seluruh peserta parpol pemilu.

"Hari ini terakhir masa kampanye, dan sesuai hasil rapat tadi, besok akan dilaksanakan pembersihan seluruh APK parpol secra serentak di seluruh Kabupaten Tapanuli Utara,"  ucap Rudi Sitorus.

(Aman Siregar)