Simalungun, Sumut, Fokus4.id-Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Simalungun disorot masyarakat Kecamatan Gunung Malela, Selasa (06/12/2023) sekira jam 12.30 WIB.

Pasalnya spanduk himbauan kepada masyakarat bertuliskan "Kampanye Sebagai Sarana Pendidikan Politik Bagi Masyarakat" ditiang pagar Mesjid Al HUDA di Nagori Senio, Kecamatan Gunung Malela ditimpa spanduk pemkab Simalungun.

"Jika begini, Bawaslu Simalungun tidak peduli. Sebab usai memasang spanduk himbauan kepada masyarakat, Komisioner Bawaslu Simalungun selanjutnya tidak kontrol." kata Adi (55) mengaku tokoh masyarakat setempat.

Masih di lokasi, sejumlah warga lain turut mengkritik pemasangan spanduk tersebut. Mereka menilai aksi pemasangan itu, Pemkab dianggap tidak beretika,

"Ini masalah etika. Tidak ada pelanggaran tentang pemasangan spanduk ini. Hanya saja pemkab seharusnya berpikir sebelum memasang." Ketus pria mengaku bernama Sofian di lokasi.

Selanjutnya ia meminta agar Komisioner Bawaslu Simalungun segera menegur jajarannya ditingkat Kecamatan,

"Untuk apa komisioner Bawaslu Simalungun diberikan gaji besar. Pekerjaan begini saja mereka tidak bisa." tukasnya, seraya meminta agar Bupati Simalungun serta wakil juga menegur OPD terkait.

Pantauan di lokasi, spanduk milik Pemkab yang terpasang menampilkan foto Bupati dan Wakil Bupati terpasang dipagar mesjid AL HUDA, bertuliskan, “Selamat Datang Turnamen Voli Pelajar dan Atletik (Tarkam) Kemenpora 2023”. 

Ternyata giat tersebut mendapat dukungan dari organisasi kepemudaan dan olah raga serta kementerian yang dibuktikan dengan menampilkan foto logo.

Terkait spanduk milik Bawaslu Simalungun yang ditimpa spanduk Turnamen Bola Voli, Tiga kali dihubungi melalui sambungan aplikasi WhatsApp android, Ketua Bawaslu Simalungun Adillah Februari Purba tidak mau menjawab.

Kadis Kominfo yang saat itu hadir mengatakan yang memasang spanduk di pagar Mesjid AL HUDA Simpang Serapuh panitia kegiatan,

"Telepon saja panitia ya bang. Mereka yang tau. Untuk anggaran saya tidak tau. Karena saya diundang mewakili Bupati Simaungun." ucapnya saat dikonfirmasi sekira jam 13.58 WIB.

(Bahtiar Damanik)