Siantar, Sumut, Fokus24.id-Pomparan Simataraja Raja Simarmata menggelar pesta Marsombuh Sihol (temu kangen) di Lapangan Adam Malik Pematang Siantar, Minggu (9/07/2023).

Acara berlangsung meriah dihadiri sekitar lima ribuan orang keturunan Raja Simarmata yang datang dari kecamatan-kecamatan di Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar, juga berbagai daerah di Indonesia.

Sebagai tuan rumah dan pelaksana kegiatan adalah Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Punguan Simarmata Siantar-Simalungun.

Acara dihadiri Ketua Umum DPP Punguan Simarmata Ir Tumpal Simarmata dan sejumlah pengurus DPP lainnya seperti Janviar Saragih, Binsar Toga Simarmata, Rudolf Valentino Saragih, Darwin Simarmata, Sortaman Saragih, Riston Simarmata, Bona Simarmata dan pengurus DPP lainnya.

Hadir juga sejumlah pengurus DPW tetangga seperti DPW Samosir, Medan, Tebing Tinggi, Karo, Asahan, Deli Serdang, Tobasa dan DPW lainnya.

Acara diawali dengan kebaktian, upacara nasional, manortor (menari) antar wilayah Punguan. Kemudian acara pelantikan pengurus DPD oleh DPP, pelantikan DPW oleh DPD dan pelantikan DPW Forgemsi oleh DPP Forgemsi.

Juga menampilkan sejumlah penampilan pagelaran seni budaya Simalungun, acara hiburan dan pembagian hadiah. Acara turut dimeriahkan dua artis Simarmata yakni Intan Saragih Simarmata dan Panca Saragih Simarmata.

Ketua Panitia, Ir Thomas Saragih dalam laporannya menyampaikan dalam rangka memeriahkan acara Marsombuh Sihol, sebelumnya panitia bersama DPW Punguan Simarmata Siantar-Simalungun telah melaksanakan sejumlah program seperti aksi sosial donor darah, revitalisasi tugu oppung Bante Nangnang, dan Forum Grup Diskusi (FGD) tentang sejarah dan perjuangan Oppung Bante Nangnang di tanah Simalungun.

Berkat dukungan dari berbagai pihak, khususnya DPP, DPW dan seluruh pomparan Simataraja Raja Simarmata akhirnya seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.

"Tanpa dukungan kita semua, kami panitia tidak akan mampu bekerja dengan maksimal. Kami berharap, melalui kegiatan ini pomparan Simataraja semakin solid, bersatu dan saling mendukung demi kebesaran dan kejayaan Simarmata di masa yang akan datang," kata Thomas.

Ketua DPW Simarmata Siantar-Simalungun, Piliaman Simarmata SH dalam sambutannya mengucapkan apresiasi kepada panitia dan seluruh pomparan Simarmata atas partisipasi dan dukungan sehingga seluruh rangkaian acara bisa berjalan dengan baik.

Melalui kegiatan itu, Piliaman menegaskan agar seluruh pomparan Simarmata semakin solid dalam menjaga kesatuan antar sesama Simarmata dimanapun berada.

"Kita harus solid. Saling mendukung. Simarmata bersatu dan berkarya untuk kejayaan Simarmata di masa yang akan datang," sebutnya.

Walikota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani pada kesempatan itu juga menyampaikan selamat dan apresiasi kepada seluruh keturunan Simataraja Raja Simarmata.

Susanti mengatakan, Simarmata selama ini telah berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan Kota Pematang Siantar. Dia berharap, Simarmata kedepan semakin solid dan berkarya demi kebesaran Simarmata.

"Semoga kegiatan seperti ini bisa menjadi agenda yang digelar setiap tahun. Selaku Walikota, saya sangat berharap dukungan dari Punguan Simarmata untuk kemajuan Kota Pematang Siantar," katanya.

Ketua Umum DPP Punguan Simarmata, Ir Tumpal Simarmata dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia dan DPW Punguan yang telah bekerja dengan maksimal.

Ketum Simarmata berharap melalui kegiatan itu seluruh pomparan Simarmata semakin solid, saling memahami dan saling mendukung dimana pun berada, demi kebesaran dan kejayaan Simarmata.

Tidak lupa, dia juga meminta kepada seluruh orangtua Simarmata agar mendukung Forum Generasi Muda Simarmata (Forgemsi) karena Forgemsi akan menjadi penerus kepemimpinan Simarmata di masa yang akan datang.

"Kesatuan kita, solidaritas Simarmata akan menjadi tolak ukur kejayaan Simarmata di masa yang akan datang. Bersatu, berkarya demi kejayaan Simarmata," pungkasnya.

(Rel)