Taput, Sumut, Fokus24.id-Drs Nikson Nababan, lahir 5 Oktober 1972 adalah Bupati Tapauli Utara yang ke- 21 dan sejak menjabat sudah mempersiapkan program kerja dengan visi-misinya “Fundamen Pembangunan Daerah yang berkelanjutan”.

Ini terlihat pada periode pertama dan visi kedua melanjutkan yaitu “ Membangun Kabupaten Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan dan Sumber Daya Manusia (SDM ) yang berkualitas serta jadikan daerah tujuan wisata.

Selain itu, memperioritaskan program ketahanan pangan, kesejahteraan petani, meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan, destinasi wisata melalui pengembangan kawasan wisata.

Kemudian meningkatkan kualitas infrastruktur jalan, kapasitas desa menuju mandiri serta kualitas pelayanan publik dengan sistem e-goverment.

“Anakhon Hi Do Hamoraon Di Au”

Bertolak dari filsafat orang Batak “ anakkon hi do hamoraon di au “ disitulah mimpi Nikson Nababan berkeinginan mendirikan Universitas Umum Negeri di daerah Kabupaten Tapanuli Utara.

Alasannya, karena beliau sangat memahami karakter dan budaya orang Batak. Orang Batak, alam kondisi perekonomian paling terpuruk sekalipun akan mengupayakan anaknya tetap sekolah, minimal satu orang harus sampai ke perguruan tinggi dan menggapai sarjana.

Dan sampai saat ini Nikson Nababan terus berjuang agar Universitas Negeri Umum di daerah Tapanuli Utara didirikan

Dukungan berdirinya Universitas Negeri Tapanuli Raya terus berdatangan seperti dari elemen gerakan mahasiswa, kaum millenial Garda Muda Tapanuli Utara serta berbagai organisasi lain.

Dukungan juga datang dari ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tapanuli Utara pada tanggal 28 Februari 2020 lalu.

Kemudian ada juga dukungan dari ketua DPD RI AA La Nyala Mahmud Mattalitti juga saat melakukan kunjugan kerja ke Tapanuli Utara tanggal 17-18 September 2020.

Baru-baru ini juga dukungan datang dari pimpinan gereja gereja yang tergabung dalam Sekretariat Bersama United Evangelical (Sekber UEM) saat kunjungan silaturahmi di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara pada tanggal 19 April 2023, melalui Ketua Sekber UEM Pdt Dr Deddy Fajar Purba (Ephorus GKPS) 

Nikson Nababan Jadikan Taput Lumbung Pangan

Saat ini, Bupati Nikson Nababan berupaya menjadikan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan.

Hal itu terbukti dengan menurunkan alat berat membuka jalan usaha tani dan pengolahan lahan gratis serta pelatihan pembuatan kompos untuk mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia.

Sebab saat ini pupuk kimia sangat langkah di seluruh indonesia dan kuotamya sudah dipangkas dari APBN.

Gunan mendukung itu, alat berat pertanian (Alsinta) juga sudah beberpa kali diberikab seperti, Cultivator, Traktor, traktor mini, pemipil jagung.

Alat tersebut sudah tersebar di Kecamatan se Tapanuli Utara melalui kelompok tani.

Keberhasilan Nikson Nababan Berkat Dukungan Istri

Selama menjadi Bupati Taput, peran istri yakni Satika Simamora melalui jabatan yang diemban sebagai Ketua Tim Pembina Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tapnuli Utara selalu aktif melakukan  berbagai kegiatan.

Seperti pada tanggal 3 September 2017, TP PKK Tapanuli Utara menerima piagam penghargaan prestasi tingkat Nasional atas tertib administrasi PKK tingkat Nasional.

Selain itu Satika juga aktif berperan dalam menekan angka stunting di Tapanuli Utara melalui kader-kader PKK kelurahan maupun desa.

Hingga kini, Satika terus melalukan sosialisasi cara mencegah stunting dan balita kurang gizi dengan memegang teguh filosofi Batak “  anakkon hi do hamoraon di au’.

(Aman Siregar)