Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Kegiatan pembinaan kemandirian dibidang perkebunan dan pertanian Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Pematangsiantar berjala baik, Jumat (26/05/2023).

Giat ini merupakan bagian dari program pembinaan kemandirian yang bertujuan untuk menjadikan Warga Binaan terampil dan produktif.

Menanam buah dan sayur-sayuran adalah program unggulan yang di lakukan bersama Warga Binaan mengingat kondisi daerah cocok dengan pertanian.

Terlihat beberapa jenis tanaman sayur dan buah memasuki masa panen seperti jagung, sawi pakcoy, kacang tanah, tomat berhasil dikelola maksimal petugas dan warga binaan.

Selain mengaktifkan pembinaan kemandirian secara berkelanjutan, hasil panen kegiatan perkebunan dan pertanian di Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar juga berkontribusi menyumbang PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak).

“Kegiatan ini memang salah satu program dari Seksi Giatja (kegiatan kerja) untuk mempersiapkan keahlian warga binaan agar setelah bebas memiliki kemampuan dan segera mendapatkan pekerjaan sesuai keahlian yang dilatih di dalam lapas dan kedepannya tidak melakukan tindak pidana." ucap Ridar selaku Kasi Giat.

Melalui giat tersebut, Kalapas Narkotika Kelas II A Pematang Siantar juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga binaan

"Saya cukup senang dengan kegiatan kemandirian ini karena. Ini dilakukan sebagai sarana bagi warga binaan yang mempunyai keterampilan di bidang  pertanian bertujuan meningkatkan kemampuan warga binaan sesuai bidangnya” ,tutup Kalapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Robinson Perangin-angin.