Taput, Sumut, Fokus24.id-Satika Simamora  terima penghargaan Upakarti dari Kementerian Perindustrian atas jasa pengabdiannya  mengembangkan usaha Kerajinan Ulos di Kabupaten Tapanuli Utara. Rabu, (10/05/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati Taput, Nikson Nababan mengatakan semoga para pelaku UKM di Taput semakin berkembang dan dicintai banyak orang.

"Penghargaan ini mudah-mudahan bisa terus dipertahankan dan pelaku UMKM di Tapanuli Utara makin berkembang Dan sukses kedepannya.

Saya harap produk Tenun Ulos  Taput dan produk UMKM yang lainnya  bisa mendunia dan dicintai banyak orang," ungkap Bupati Nikson Nababan mewakili Satika Simamora.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita saat menyerahkan piala kepada para penerima penghargaan dalam sambutannya menyampaikan, penghargaan ini sebagai penyemangat untuk meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah.

"Semoga penghargaan ini dapat menjadi suntikan penyemangat untuk berbuat lebih banyak lagi dalam meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah di daerah masing-masing yang memerlukan usaha yang progresif dan kolaboratif dari seluruh pemangku kepentingan baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pihak swasta dan masyarakat,” ungkap Agus.

Menteri perindustrian juga mengapresiasi dedikasi yang dilakukan oleh seluruh penerima penghargaan baik perorangan maupun perusahaan yang terus menerus melakukan pembinaan, pembangunan dan pemberdayaan Industri Kecil Menengah IKM sehingga dapat lebih berdaya saing dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Sementara Dirjen Industri Kecil, Menengah Dan Aneka,  Reni Yanita mengatakan bahwa para penerima penghargaan terdiri dari enam penerima kategori Jasa Pengabdian dan empat penerima kategori Jasa Kepeloporan yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 3178 Tahun 2022.

( Aman Siregar )