Siantar, Sumut, Fokus24.id-Memeriahkan HUT Kementerian BUMN ke 25 Tahun, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pematang Siantar, mengadakan Pasar Rakyat dan Bazar UMKM.

Kegiatan pasar rakyat dilaksanakan di Lapangan Horbo, Jalan Farrel Pasaribu, Kota Pematang Siantar, Sabtu (25/02/2023).

Bersama Holding Ultra mikro (UMi) yang merupakan sinergi BRI sebagai induk bersama PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dibawah naungan kementerian BUMN, ini mewujudkan layanan keuangan lengkap, terintegrasi dan memenuhi kebutuhan pelaku usaha untuk membantu memberikan kemudahan kepada masyarakat guna menstabilkan perekonomian nasional.

Dengan dilaksanakannya Pasar Rakyat dan Bazar UMKM ini, diharapkan mampu meringankan beban ekonomi masyarakat khususnya yang ada di Kota Pematang Siantar, serta menggalakkan pelaku UMKM agar mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi.

Selain itu, dalam rangka HUT Kementerian BUMN ke 25 Tahun ini, BRI bersama Penggadaian dan PMN terus melakukan pembiayaan terhadap pelaku UMKM dan Ultra Mikro dengan mengadakan pembiayaan terhadap pelaku usaha.

Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Mahendra Sinulingga, yang hadir pada kegiatan Pasar Rakyat dan Bazar UMKM ini mengatakan, bahwa saat ini program Kementrian BUMN untuk mendukung Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah yang sedang berjalan cukup banyak, dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan pekonomian yang saat ini tengah mengguncang dunia.

Dengan memberikan dukungan kepada pelaku UMKM dan Ultra Mikro diharapkan mampu menyanggah guna menstabilkan Perkonomian Nasional.

"Kami hanya ingin menyampaikan informasi kepada Pemerintah Daerah, bahwa BUMN terus malakukan upaya untuk membantu masyarakat yang ekonominya dibawah garis kemiskinan, saat ini, BUMN telah membantu sebanyak 17.800 Kepala Keluarga atau setara dengan 114 % dari angka kemiskinan yang ada di Kota Pematang Siantar. Kita akan terus melakukan support kepada  UMKM  - UMKM yang ada di Kota Pematang Siantar". kata Staf Khusus Kementrian BUMN ini.

Arya Mahendra Sinulingga, menambahkan, bahwa saat ini Kota Pematang Siantar, telah memiliki Rumah BUMN, yang nantinya akan membantu para Pelaku UMKM untuk mendapatkan bahan baku lebih murah dari tempat lain, dengan tujuan dapat menurunkan biaya produksi.

Sementara itu, Regional Micro Banking Head Regional Office Medan, Anditya Mahendra Khrisna, mengatakan tujuan dilaksanakannya Pasar Rakyat  dan Bazar UMKM ini, untuk  dapat membantu semangat pelaku UMKM yang ada di Kota Pematang Siantar dan meringankan beban masyarakat khususnya dari segi  kebutuhan pokok.

"Di HUT ke 25 Tahun BUMN ini, kita mengadakan pasar rakyat  dengan menyiapkan sebanyak Empat Ribu paket sembako dengan harga Rp 55.000,00 (Lima Puluh Lima Ribu Rupiah), dan Bazar UMKM dengan tujuan, agar pelaku UMKM yang ada di Kota Pematang Siantar, dapat lebih mengenalkan profil produknya kepada masyarakat, dengan harapan para pelaku UMKM ini kedepannya bisa menjadi pengusaha sukses yang mampu menopang perekonomian nasional serta membuka lapangan pekerjaan", sebut Anditya Mahendra khrisna.

Kegiatan Pasar Rakyat dan Bazar UMKM ini, selain dihadiri oleh Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Mahendra Sinulingga, hadir Regional Micro Banking Head Regional Office Medan, Roma Jaka Permata Simanjuntak, VP Corcomm, Ishak Luthfian Branch Manager Pematang Siantar, Yandry Maroly. 

Kemudian Pincab PNM Pematang Siantar, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar, Kusma Erizal Ginting, Asisten III Pematang Siantar, Pardamean Silaen, Kapolres Pematang Siantar, AKBP Fernando SH, S.IK serta ribuan masyarakat Kota Pematang Siantar  yang terlihat antusias mengikuti Pasar Rakyat dan Bazar UMKM tersebut.