Simalungun, Sumut Fokus24.id-5 tahanan melarikan diri dari ruang Tanahan Mapolsek Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Jumat(17/02/2023) sekira jam 00.30 WIB.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald Sipayung, menjelaskan 5 tahanan berhasil melarikan diri saat personel piket fungsi melakukan pengecekan TKP.

"Mereka Kabur saat personel yang menjaga tingga 1 orang di Mako Polsek Perdagangan dan yang lain melakukan pengecekan TKP. " jelas Kapolres Simalungun bahwa, hari Kamis, 16 februari 2023 sekira jam 23.30 WIB, personel piket fungsi melakukan pengecekan TKP tentang laporan masyarakat yang menginformasikan seorang pria diamankan warga karena diduga melakukan pencurian.

Guna mengantisipasi amukan massa personel Polsek Perdagangan langsung menuju TKP dan mengamankan pria tersebut.

Ketika dilakukan pemeriksaan, pria tersebut merupakan seorang ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) sehingga personel hanya mengamankan dengan membawa ke Mako Polsek Perdagangan.

Sekembalinya personel ke Mako Polsek perdagangan dan melakukan pengecekan rutin di RTP, personel tidak melihat 5 tahanan.

Atas kejadian tersebut Kapolsek Perdagangan AKP Josia Simarmata langsung melaporkan kepada Kapolres Simalungun.

"5 tahanan yang berhasil melarikan diri dengan merusak jeruji besi pentilasi kamar mandi sel tahanan yang bersebelahan dengan ruang unit penyidik reskrim polsek perdagangan, lalu melarikan diri dengan melompat ke ruangan pemeriksaan reskrim yang dalam keadaan kosong tidak ada personel." Beber Kapolres.

Kapolres menyampaikan kepada seluruh masyarakat apabila mengetahui keberadaan 5 tahanan yang melarikan diri agar melaporkan atau menginformasikan ke nomor Kontak Kapolsek Perdagangan 0813-7000-1966, atau posko pengaduan masyarakat 0811-6501-516,

"Kami menghimbau kepada pihak keluarga yang mengetahui persembunyian dan keberadaan tahanan tersebut agar menyerahkan kepada petugas kepolisian, dan segera menyerahkan diri, "tegas Kapolres Simalungun.

(Bahtiar Damanik)