Taput, Sumut, Fokus24.id-Beredar video diakun media sosial Situmeang Jamita Mangaraja Lorencius pada tanggal 26 Januari 2023, terlihat pekerjaan penghamparan hotmix dikerjakan saar hujan dan base course berlumpur.

Informasi dihimpun, pekerjaan itu berasal dari Dinas PUTR Taput yang dananya bersumber dari PAPBD Tahun Anggaran 2022 dan lokasi pekerjaan di Desa Lobusikkam Kecamatan Sipoholon Kabupaten Taput.

Menanggapi video tersebut, Patar Lumbanggaol sekretaris LSM LP3D wilayah Taput angkat bicara, mengatakan cara pekerjaan hotmix tersebut menyalahi dan tidak sesuai dengan methode spesifikasi pekerjaan hotmix.

Dirinya menjelaskan, ada beberapa metode spesifikasi cara pekerjaan jalan dengan hotmix.

"Sebelum dihampar lapisan permukaan perlu di (cor tack coat) lem perekat antara ATB dengan asphalt hotmix dan pembersihan debu dengan Air compressor dan  pekerjaan wearing Course," terang Patar Lumbangaol.

Dimana hal itu di lakukan, agar lapisan atas ( hotmix ) dapat menyatu/ dapat merekat dengan lapisan pondasi bawah ( base).

Lapis permukaan (surface course atau wearing course) merupakan bagian perkerasan yang terletak paling atas.

Lanjutnya, fungsi lapis permukaan adalah  mengamankan perkerasan dari pengaruh air (infiltrasi) dan menyediakan permukaan yang halus.

"Seharusnya Dinas PUTR Taput ketat dalam melakukan pengawasan, kalau dilihat dari segi  pengawasan  yang kurang ketat jadi ada tanda tanya, apa kemungkinan ada main mata dengan pihak pelaksana (rekanan)?," ujar Patar Lumbangaol dengam tanda tanya.

Masih memurutnya, ada dasar, kenapa ada dugaan pengawasan dari Dinas PUTR Taput ada main mata dengan pihak rekanan seperti itu, karena dalam pelaksanaanya  ada pembiaran hotmix di hampar dengan kondisi base course berlumpur dan penghamparan nya saat hujan.

Dengan melihat cara pekerjaan hotmix di video tersebut, kualitas pekerjaan diragukan karena dan ini sudah pemborosan anggaran, 

“Dimana anggaran yang di kucurkan bukan sedikit dan anggaran yang bersumber dari keuangan negara. Ini sudah menyalahi kontrak dan metode spesifikasi pekerjaan hotmix.” Tambah Patar. 

Patar meminta agar Inspektorat Kabupaten Tapanuli Utara memeriksa hasil pekerjaan Rekonstruksi Jalan Seminarium-Rura Julu Kecamatan Sipoholon.

Untuk diketahui, anggaran pengerjaan jalan Hotmix bersumber dari Dana PAPBD Tahun Anggaran 2022 pada Dinas PUTR Taputd. Dana yang dikucurkan sebesar satu miliar lebih 

(Aman Siregar)