Taput, Sumut, Fokus24.id-Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi, menyampaikan situasi kamtibmas, capaian vaksinasi dan penuntasan kasus yang ditangani selama 1 tahun terakhir terhitung 1 Januari 2022 hingga desember 2022.

Disebutkan, mulai Januari 2022, banyak even-even besar yang dilaksanakan selama satu tahun ini antara lain, pengamanan Tahun Baru 2022, Hari Raya Idul Fitri, HUT RI ke 75 dengan beberapa macam kegiatan seperti pacuan kuda dan motor cross.

Kemudian pengamanan Hari Jadi Kabupaten Taput, Konser Amal Slank, Sinode godang HKBP dan pertandingan sepak bola antar kecamatan yang menghadirkan ribuan hingga puluhan ribu orang semuanya berjalan dengan aman dan lancar serta tidak ada gangguan apapun.

Yang tak kalah penting lagi, berbagai upaya penanggulangan bencana gempa bumi yang melanda Taput pada 1 Oktober lalu, mulai dari imbauan kepada warga, bantuan kemanusiaan, sosial, pembersihan rumah rusak dan pembangunan rumah rusak, polri selalu berperan aktif bersama-samaTNI serta Pemda.

Selain itu, capaian vaksinasi penanggulangan COVID-19, hingga akhir tahun ini, Kabupaten Taput masuk lima besar di Sumut mencapai target sesuai dengan program pemerintah.

Capaian Persentase vaksinasi saat ini dosis 1 : 91,38 persen , dosis 2 : 85,09 persen, Booster 1 : 51,78 persen, dan Booster 2 : 4,38 persen.

Semua capaian ini tidak terlepas dari kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Daerah, TNI dan seluruh stake holder lain.

Oleh karena itu, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terbangunnya kerjasama yang baik dengan kepolisian, sehingga semua yang saya jelaskan ini bisa berjalan dengan aman dan terkendali," ujar Kapolres.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres, saat press relise bersama sejumlah wartawan di Mapolres Taput, Kamis 29 Desember 2022.

Terkait dengan capaian penuntasan kasus, Kapolres menyampaikan, selama tahun 2022 ada Laporan Pengaduan sebanyak 230 yang diterima polres dan ditangani oleh unit reskrim.

Dari 230 kasus tersebut Penyelesaian 173 kasus sehingga persentasinya bisa mencapai 75%. Sedangkan 25% lagi masih tahap proses lidik dan sidik.

Jumlah kasus narkoba ada 23 kasus,  yang sudah selesai 19 kasus, 2 kasus masih tahap 1 (berkas masih dalam Penelitian JPU) dan 2 kasus masih proses penyidikan.

Untuk kasus laka lantas ada 154 kasus, 147 kasus sudah selesai dan 7 kasus masih tahap proses.

Keberhasilan ini tentu bukan hanya upaya kepolisian sendiri, tetapi berkat kerjama semua pihak yaitu Forkopimda, Masyarakat dan juga rekan-rekan pers sekalian.

Diakhir penjelasan, Kapolres menyampaikan " Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2023 " kepada seluruh warga Taput, kiranya Tuhan memberkati dan melindungi kita dimanapun kita berada.

(Patar Lumban Gaol)