Taput, Sumut, Fokus24.id-Hari Pahlawan 10 Nopember 2022 di meriahkan dengan pertandingan olah raga tradisional Marjalengkat dan Margala memperebutkan piala dan tropi Bupati Taput, Kamis (10/11/2022) di lapangan Tangsi Tarutung.

Pertandingan permainan tradisional tersebut di saksikan Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs Nikson Nababan, Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi.

Bupati Taput Drs. Nikson Nababan mengatakan, perlu mengangkat kembali olahraga tradisional yang merupakan bagian dari budaya kearifan lokal yang harus dilestarikan.

"Tahun depan saya sudah minta Dinas teknis untuk menggalakan kegiatan ini, tentu kita buat lagi secara masif ,hingga olah raga  lokal ini kita galakkan kembali." ucap  Nikson Nababan usai memberikan piala dan tropi.

Sementara itu, Ketua panitia darwin Nainggolan mengatakan, olah raga tradisional ini juga merupakan bagian dari pendidikan karakter, selain itu olah raga ini di tuntut kerjasama dan kekompakan tim yang solit.

Diharapkan melalui olahraga tradisional Batak ini semangat nasionalisme generasi muda Taput semakin tumbuh dan penghargaan kepada nilai-nilai kearifan lokal semakin tinggi.

Dijelaskannya, pertandingan tersebut dalam bentuk turnamen dengan terlebih dahulu dilakukan seleksi di tingkat kecamatan.

Olahraga Margala dilaksanakan untuk pelajar SD dan SMP. Untuk Juara I dan II SD dan SMP tingkat Kecamatan menjadi peserta lomba di tingkat Kabupaten.

Untuk peserta lomba Margala, satu tim berjumlah lima orang, ditambah dua orang cadangan dan jumlahnya tujuh orang. Sedangkan peserta lomba Marjalengkat bentuknya perorangan.

Lomba Marjalengkat dan Margala tingkat pelajar SD dan SMP putra-putri memperebutkan Trophy Bupati Taput serta total hadiah sebesar 64 juta, buku dan piagam penghargaan.

(Aman Siregar)