Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Usai peresmian dan pemugaran makam Djabanten Damanik di Kelurahan Sipolha, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin (06/09/2022) sekira jam 13.00 WIB.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Permukiman dan Perumahan Rakyat (PUPPR), Hotbinson Damanik meninjau proyek peningkatan jalan Tambun Rea-Sipolha.

"Setelah Radiapoh menjadi Bupati Simalungun ada pembangunan jalan di Sipolha ini. Jauh sebelumnya tidak ada dan kondisi jalan di sini memprihatinkan," ungkap warga sekitar.

Diketahui, peningkatan jalan jurusan Tambun Ra-Huta II Sipolha tersebut berbiaya Rp16,7 miliar bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022 dan dikerjakan pihak ketiga (rekanan) PT Dian Perkasa.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga kepada wartawan saat meninjau mengatakan, peningkatan jalan jurusan Tambun Ra-Huta II Sipolha tersebut harus rampung tahun ini.

"Harus selesai tahun ini," kata Bupati didampingi sembari mengetok tembok penahan parit pasangan yang masih dalam proses pengerjaan untuk mengetahui kualitas.

Sebelumnya, saat menyampaikan sambutan di peresmian dan pemugaran makam Djabanten Damanik. Bupati menyampaikan, jalan di Sipolha ini akan dibenahi.

"Saya bukan berbicara politik. Tapi berbicara sejarah. Namun, tentunya karena Sipolha ini nanti akan menjadi file projec destinasi pariwisata Danau Toba," ujar Bupati sembari mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga makam Djabanten Damanik serta jalan yang sedang dikerjakan.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Permukiman dan Perumahan Rakyat (PUPPR), Hotbinson Damanik ketika di lokasi peningkatan jalan Sipolha-Tambun Rea menjelaskan, bahwa panjang jalan yang diperbaiki 4,5 KM.

"Panjang jalan dari Sipolha sampai Tambun Rea yang diperbaiki 4,5 KM. Ini merupakan salah satu program dari pak Bupati dan harus selesai tahun ini," jelas Kadis PUPPR.