Volume kendaraan Lebaran Ketiga (Perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah 2022) di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun mengalami peningkatan.

"Kurang lebih sebanyak 1020 unit peningkatannya mulai hari ini." jelas Plt Kepala Dinas Perhubungan Simalungun, Sabar Pardamean Saragih melalui pesan singkat, Rabu (04/05/2022).

Untuk mengurai dan mengantisipasi terjadinya macet, personil Dinas Perhubungan Simalungun lengkap berseragam, ditempatkan serta disiagakan di sejumlah titik Parapat.

"Ada puluhan personil disiagakan di beberapa titik yang diprediksi rawan macet. Seperti di depan pintu masuk terminal Sosor Saba. Kemudian, di depan Pantai Bebas dan Pagoda," papar Sabar.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya macet, Dinas Perhubungan Simalungun juga bertahan di jalanan dan melakukan rekayasa lalu lintas serta sistem One Way (Buka Tutup).

"Contoh, bagi kendaraan yang datang dari arah Kota Siantar, khususnya truck, disarankan melintas dari Simpang Palang hingga Simpang Sitahoan," papar Sabar.

Kemudian, kendaraan dari Parapat disarankan melintasi  Jalan Anggrajim menuju terminal Sosor Saba. Prediksi, peningkatan volume kendaraan akan terjadi hingga H+7," tandas Sabar sembari mengaku telah siaga dan bertahan di Parapat sejak malam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H bersama puluhan personil Dinas Perhubungan Simalungun.