Simalungun, Fokus24.id-Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo meresmikan 7 pelabuhan dan 4 kapal motor penumpang dikawasan Danau toba, Rabu (02/02/2022) Siang.

Adapun 7 pelabuhan yang diresmikan dikawasan Danau Toba yakni pelabuhan Ajibata dan Balige Kabupaten Toba.

Kemudian, Pelabuhan Tigaras Kabupaten Simalungun, Simanindo Kabupaten Samosir, Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan, Muara Kabupaten Tapanuli Utara dan Tongging Kabupaten Karo.

Sementara 4 Kapal motor penumpang yang diresmikan ialah kapal motor penyeberangan Pora Pora kapasitas 180 penumpang 21 kendaraan, kapal motor penumpang Kaldera Toba kapasitas 150 orang 15 kendaraan, Bus air kapal motor Asa Asa kapasitas 150 orang, dan Bus air kapal motor Jurung Jurung kapasitas 150 orang.

Sambutannya, Presiden RI Ir Jokowidodo mengatakan bahwa pelabuhan dan kapal sangat dibutuhkan masyarakat yang tinggal di sekitaran Danau Toba untuk mendukung aktifitas dan mobilitas sehari-hari.

"Menyeberang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain, untuk meningkatkan konektifitas antar kecamatan dan antar kabupaten." Ucap Presiden.

Untuk memperlancar konektifitas dikawasan danau toba, kementerian perhubungan melalui pemerintah membangun 13 pelabuhan penyeberangan dengan cepat di 7 kabupaten.

Presiden melihat bahwa yang dibutuhkan Masyarakat disekitaran danau toba bukan hanya pelabuhan tetapi juga kapal,

"Karena itu hari ini pemerintah meluncurkan empat kapal penyeberangan." Ujar Presiden.

Ia berharap, dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal kapal ini akan mendukung keberadaan destinasi prioritas Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata unggul di Indonesia,

"Aksesnya keberbagai tempat di danau toba lebih mudah, lebih cepat dan lebih lancar." Sambungnya.

Mengahiri pidatonya, Presiden RI, Joko Widodo akhirnya meresmikan pengoperasian lelabuhan serta kapal motor penumpang lalu menandatangani prasasti peresmian di Pelabuhan Ajibata.


(Gimson S)