Simalungun, Fokus24.id-Kerjasama Lapas kelas IIa Pematang Siantar Kanwil Kemenkumham Sumut bersama Polres Simalungun dalam hal vaksinasi terhadap masyarakat "Rentan" dalam hal ini adalah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) masih berlanjut, Rabu, 12/01/2022) jam 09.00 wib

Ini merupakan vaksinasi pertama di tahun 2022 ini dan sebanyak 300 orang WBP mendapatkan vaksin dari 1819 orang. Diperkirakan hampir 95% telah mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama maupun dosis kedua. 

Kalapas Rudy Fernando Sianturi BC IP SH bersama Kasie Binadik Aulia Zulfahmi memantau langsung berjalanya kegiatan tersebut.

Kalapas menerangkan kurang lebih 1750 WBP mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama maupun dosis kedua. 

"Target dan harapan kita seluruh wbp akan mendapatkan vaksinasi.
Ini salah satu langkah pencegahan penyebaran virus covid 19 maupun varian virus baru Omicron di Lapas Kelas IIa Pematang Siantar ini." kata Kalapas.

Sambungnya, upaya lainnya yang dilakukan adalah melakukan penyemprotan kamar dan jeruji, membagikan masker, vitamin dan untuk tahanan baru yang dititipkan ke dalam lapas, pihaknya melakukan pemeriksaan Rapid Test terlebih dahulu.

Langkah lanjutannya, pihaknya melakukan Isolasi mandiri selama 14 hari di ruangan isolasi sebelum berbaur dengan WBP lainnya.

Terkait pengunjung lapas, sampai hari ini layanan kunjungan masih ditiadakan diseluruh Lapas di Indonesia dan hanya melakukan pelayanan penitipan barang dan makanan.

Kalapas juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Simalungun dan tim BIDOKES Polres sebagai vaksinator yang sudah memberikan kesempatan pada WBP untuk mendapatkan vaksinasi.

"Ini untuk mencapai terbentuknya Imunitas tinggi (herd Immunity) di Indonesia khususnya masyarakat rentan (WBP) di Lapas Kelas IIa Pematang Siantar baik petugas dan keluarga petugas." Ucap Kalapas sembari mengingatkan tetap jaga kesehatan dan protokol kesehatan, Salam Sehat.

(Bobby Sihite)