Tapanuli Utara,Fokus24.id-Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan pimpin Apel gelar Pasukan operasi lilin Toba serta memberikan penghargaan  untuk Delapan tim Vaksinator terbaik di terminal Madya Tarutung, Kamis (23/12/2021).

Apel Gelar Pasukan bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan.

Selain itu, untuk menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara dalam merayakan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di tengah pandemi COVID-19.

"Diharapkan agar para pemangku mampu bertindak dengan tepat, efektif, dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah, sekaligus sebagai antisipasi dalam kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru yang dapat menimbulkan klaster- klaster baru penyebaran COVID-19."ujar Nikson Nababan.

Bupati juga berharap segera melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

"Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan Perayaan Tahun Baru 2022."Pungkas Bupati.

Sementara itu Polres Taput siapkan 9 Pos yang terdiri dari 3 Pos  Pantau,2 Pos Pelayanan dan 4 Pos Pengamanan. 

Pengamanan Nataru sendiri menerjunkan personil polri  71 orang, Denpom 2 Orang , TNI 34 Orang , Dinkes 30 Orang ,Satpol PP 30 Orang , Dishub 24 Orang dan Pegawai kemenhub 8 orang. 

Pengamanan Nataru berlaku selama 10 hari terhitung mulai tgl 24 desember 2021  s/d 2 Januari 2022.

Dalam kesempatan itu, Bupati Nikson Nababan dan Forkopimda memberikan Penghargaan dari Kapolres Tapanuli Utara kepada para Vaksinator terbaik  yaitu : UPT Puskesmas Kecamatan Sipahutar, UPT Kecamatan Puskesmas Garoga, UPT Puskesmas Onanhasang kecamatan Pahae Julu, UPT Puskesmas Muara, UPT Puskesmas Pangaribuan, UPT Puskesmas Parmonangan, URKES Polres Tapanuli Utara, Polkes Kodim 0210/TU.

(Aman Siregar)