Taput, Sumut, Fokus24.id-Kapolres Tapanuli Utara AKBP Ernis Sitinjak pimpin apel pergeseran pasukan pengamanan tahap pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024 , di terminal madya Tarutung,  Selasa (13/02/2024).

Polres Tapanuli Utara menurunkan 208 personil ditambah BKO dari Polda Sumut sebanyak 27 personil untuk pengamanan pemilu.

Kapolres Taput dalam sambutannya mengatakan, pemilu sangat penting bagi bangsa dan negara, sebagai penegak hukum kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan bahwa setiap warga negara dapat melaksanakan hak pilihnya secara bebas, aman  dan adil.

"Profesional ,netralitas dan integritas kita dalam menjalankan tugas menjadi kunci dalam melaksanakan kedaulatan suara rakyat,dan memastikan pemilu lancar dan kondusif."ujar Kapolres.

Ketua Bawaslu Taput Kopman Pasaribu usai gelar pasukan mengatakan, tahap pemungutan dan penghitungan suara diharapakan bisa kondusif, lancar dan masyarakat juga dapat membantu  petugas dengan berkontribusi menciptakan suasana yang kondusif.

"Jumlah personil pengamanan  tidak sebanding dengan jumlah TPS, tentunya kami berharap kepada semua penyelenggara pemilu dapat menciptakan suasana aman dan nyaman di hari H besok" ucap Kopman didampingi komisioner Bawaslu Taput.

Sebanyak 1036 TPS di Kabupaten Tapanuli Utara  tersebar di 252 desa dan kelurahan, 3 TPS lapas Siborong-borong, 1 TPS rutan Tarutung.

Peserta Apel adalah Pasukan dari Polres Taput, TNI,Satuan Pamong Praja ( SatPol-PP), Dinas Perhubungan,Dan Damkar kabupaten Tapanuli Utara.

(Aman Siregar)