Taput, Sumut, Fokus24.id-Dimasa tenang pemilu tahun 2024 Bawaslu bersama Kabupaten Tapanuli Utara melakukan razia pembersihan APK Parpol Peserta pemilu yang di mulai Minggu, (11/2/2024).

Setelah sebelumnya dilaksanakan apel siaga pengawasan masa tenang pemilu di halaman Bawaslu Taput yang diikuti dari berbagai instansi,

Pantauan media pembersihan APK parpol peserta pemilu di mulai  jalan by pas Hutabarat ke arah kecamatan Sipoholon lalu menuju pusat kota Tarutung oleh satu tim yang di ikuti satu unit mobil truk untuk mengangkut APK tersebut.

Ada lima tim yang langsung diturunkan untuk pembersihan APK tersebut, dimana satu tim terdiri dari personil polres Taput, anggota Satpol-PP, PKD dan anggota Bawaslu Taput.

Terlihat seluruh APK parpol peserta pemilu yang sudah copot atau di razia dimasukkan kedalam truk satpol-PP.

Parlin Tambunan,SE Divisi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Bawaslu Taput, mengatakan pembersihan APK Parpol Peserta pemilu serentak dilakukan di wilayah kabupaten Tapanuli Utara.

"Seluruh APK parpol peserta pemilu harus bersih satu hari sebelum  pencoblosan, dan APK yang sudah dicopot di dropp ke kantor bawaslu Taput," terang Parlin Tambunan.

Ditambahkan, APK ini diharapkan selesai dibersihkan satu hari sebelum pencoblosan dan seluruh APK yang ditertibkan di kantor Bawaslu Taput dapat diambil oleh masing-masing Parpol Peserta pemilu.

(Aman Siregar)