Taput, Sumut, Fokus24.id-Menunjang kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tapanuli Utara dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi di Tahapan Pemilu yang sudah berlangsung, peran dan dukungan sekretariat sangat dibutuhkan.

Hal itu dikatakan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara Marusaha Nababan S.Pd, MM di ruang kerjanya, Sekretariat Bawaslu Taput selalu siap untuk mendukung tugas-tugas Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara dalam melaksanakan Tupoksi sebagai pengawas Pemilu di setiap Tahapan Kampanye Pemilu, Jumat (08/12/2023).

"Tahapan kampanye pemilu saat ini sudah berlangsung, Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara memiliki peran sebagai Supporting setiap tugas-tugas dan kegiatan yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara," ucap Marusaha Nababan.

Tidak hannya bagian surat menyurat, tetapi juga dalam tatanan program kerja Bawaslu. Sekretariat sebagai Suporting System akan selalu siap memfasilitasi setiap tugas-tugas Bawaslu baik administrasi dan operasional.

Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara akan ikut serta menyusun program kerja Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara dalam melaksanakan tugas Pengawasan Tahapan Kampanye.

“Ditengah-tengah tahapan yang sudah berlangsung ini, saya juga akan melakukan Evaluasi kinerja  setiap minggunya dari Staf teknis yang sudah melakukan tugas pengawasan.

Dalam melakukan evaluasi kinerja tersebut kita akan mengetahui apa saja kekurangan dari setiap tugas yang dilaksanakan dan apa saja yang dibutuhkan pada saat melakukan tugas. Dan dalam dekat ini saya juga akan melaksanakan rapat internal untuk peningkatan Kapasitas Staf Teknis dalam melakukan pengawasan," terang Marusaha Nababan.

Sebagai Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara akan memanagerial  kesekretariatan dengan sebaik-baiknya. Fasilitasi dan instruksi tegas kepada seluruh jajaran Staf menjadi bagian penting dari tugas sekretariat.  

Dijelaskan, hal ini menjadi suatu yang sangat perlu untuk menjawab apa peran penting dari sekretariat Bawaslu. 

Peran serta kesekretariatan dalam tugas pengawasan memang bukanlah hal yang nampak dari luar, tetapi perlu diketahui bahwa manegerial dari lembaga Bawaslu berada di Kesekretariatan. 

Suksesnya Bawaslu dalam melaksanakan Tupoksi   sebagai pengawas  Pemilu juga merupakan tanggung jawab dari Kesekretariatan Bawaslu .

"Sekretariat akan mendukung setiap program kerja dari Bawaslu Kabupaten Tapanuli Utara, dan saya juga berharap setiap staf yang melakukan tugas pengawasan agar selalu berkoordinasi dengan sekretariat mengenai tugas yang akan dilaksanakan, karena hal ini dapat mempermudah kita dalam melaksanakan Tugas kita sebagai Pengawas Pemilu," pungkas Marusaha Nababan.

(Aman Siregar)