Taput,Sumut,Fokus24.id-27 orang mahasiswa/ mahasiswi mengikuti proses wisuda angkatan kedua Akademi Pariwisata ULCLA Program Studi Perhotelan di Sopo Partungkoan Tarutung, Rabu (15/11/2023).

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Taput Satika Simamora SE.MM mengatakan perlu disyukuri adanya Akademi Pariwisata di Tapanuli Utara untuk menunjang serta menghidupkan SDM generasi muda yang ingin berprestasi dibidang pariwisata secara khusus Tapanuli Utara.

"Di Tapanuli Utara ini banyak potensi wisata kearifan lokal, tinggal bagaimana kita memoles wisata kearifan lokal supaya lebih baik lagi, disinilah peran serta para wisudawan agar kedepannya menjadi penggerak bidang pariwisata secara terkhusus di kabupaten Tapanuli Utara," terang Satika.

Sementara Ketua Yayasan SAPARI ( Sahala Panggabean  Nasari )menambahkan, keberadaan Universitas Pariwisata ini bertujuan agar generasi muda yang ingin kuliah di jurusan pariwisata tidak usah jauh-jauh lagi keluar kota.

"UCLCA sudah ada dan siap bersaing dengan Universitas Pariwisata yang ada diluar Taput dan sebagai ketua yayasan saya sampaikan bahwa kampus UCLCA ini akan kita besarkan lagi di Tapanuli Utara berikut Fasilitas penunjang bagi mahasiswa UCLCA kedepannya,"ungkapnya.

Direktur UCLCA ( Indra siregar SE.M.Si.Ak.CEP ) ,didampingi Ketua Pengawas Yayasan SAPARI ( Edy Situmorang .SE) dan GM sekaligus Dosen Perhotelan (Martin Siagian M.TrPar) menambahkan Bahwa Universitas  UCLCA sudah terakreditasi Baik.

"Kampus ini adalah salah satu bentuk wujud kepedulian Ketua dewan pembina Yayasan Sahala Panggabean, untuk menunjang serta menghidupkan SDM generasi muda yang ingin berprestasi dibidang pariwisata secara khusus Tapanuli Utara," terang Indra Siregar.

Ditambahkan Bahwa alumni alumni UCLCA sudah banyak bekerja di tempat mereka melaksanakan Praktek kerja lapangan dan UCLCA melakukan kerjasama  dengan Mitra Kerja Pelaku Bisnis Pariwisata di seluruh Tanah Air.

Hadir dalam acara wisuda terebut, mewakili wakil Presiden RI , Rektor Sekolah Tinggi Agama Islam Shalahudin Jakarta (Dr .H.Eno Syafrudin M.A) yang juga adalah  menantu dari Wakil Presiden Republik Indonesia KH.Ma'ruf Amin.

(Aman Siregar)