Taput, Sumut, Fokus24-id-Satika Simamora hadiri perayaan ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) ke -72 tahun di Sopo Partukkoan, Tarutung, Jumat (29/9/2023).

Dalam arahannya, Satika Simamora menyampaikan, peran bidan dalam kesehatan ditengah masyarakat sangat penting terutama ibu dan anak.

"Bidan dalam menangani pasien harus bertangan dingin dan berkarakter serta mampu berkomunikasi yang baik dengan pasien," ucap Satika Simamora.

Satika berharap bidan menjadi garda terdepan dalam kesehatan ibu dan anak. Kedepannya, bidan dapat menyatukan langkah dalam transformasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

"Bidan-bidan itu harus mendapatkan pengetahuan yang terbaru, karena bidan ini akan menjadi garda terdepan dalam menghadapi pasien, pengetahuan ini akan diterapkan untuk melayani pasien," pungkas Satika.

Ketua IBI DPC Taput Berta Tambunan bidan harus satukan langkah dalam transformasi kesehatan untuk penguatan pelayanan kebidanan berkesinambungan berbasis bukti.

"Saya berharap kepada bidan-bidan di Taput  dapat bekerja lebih profesional, lebih mengoptimalkan pelayanannya, dan selalu bekerja sama dengan bidan-bidan yang lain." ujar Berta Tambunan.

Dia berharap dengan Peringatan HUT IBI Ke 72 ini, kedepannya bidan-bidan di Taput dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi persalinan Ibu,

"Agar dapat menekan tingkat kematian yang terjadi pada Ibu dan Anak." Pungkasnya.

(Aman Siregar)