Taput, Sumut, Fokus24.id-Dalam rangka mendukung program Polri yang berthemakan "Membantu Masyarakat Peduli Lingkungan" Polres Taput dan jajarannya melaksanakan gotong royong bersama masyarakat membersihkah lingkungan.

"Gotong royong ini dilakukan secara serentak oleh personil Polres Taput maupun Polsek sejajaran," kata Kapolres Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi melalui Kasi Humas Ipda B Gultom, Kamis, (13/072023)

Sasaran gotong royong yang dilaksanakan Polres Taput antara lain pembersihan komplek Pasar Tarutung serta saluran air yang tersumbat.

Lanjutnya, Polsek sejajaran juga turut mengikuti hal yang sama, di lokasi yang layak untuk dibersihkan,

"Sementara untuk Polsek Muara, petugas melakukan pembersihan Pantai Danau Toba dari sampah-sampah dan enceng gondok yang menggangu keindahan danau Toba". Ungkap Gultom

Program Polri ini sangat bermakna bagi masyarakat, guna mencegah penyebaran penyakit khususnya di lingkungan padat pemukiman penduduk dan terjadinya banjir.

Oleh karena itu, Polri akan selalu hadir bersama sama dengan masyarakat melakukan gerakan peduli lingkungan secara berkesinambungan.

"Tanpa terkecuali, Kapolres serta Pejabat Utama Polres Taput serta seluruh personel terlibat dalam gerakan peduli lingkungan ini". Ujarnya

Menanggapi hal tersebut, Salah seorang pelaku UMKM tarutung Norma Hutagalung menyampaikan terimakasihnya kepada polri khususnya polres Taput.

Program yang dicetuskan oleh polri ini sangat membantu dan berarti bagi masyarakat.

Selama ini yang menjadi masalah di lingkungan pajak tarutung kurangnya kebersihan dan saluran air masih tersumbat.

Ini disebabkan oleh rendahnya kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempat yang sudah di sediakan. Dengan program Polri yang sudah terlaksana saat ini sangat lah membantu warga dan kiranya ini akan menambahkan kesadaran warga atas pentingnya kebersihan lingkungan.

Hal yang sama juga disampaikan oleh kepala KSPP kebersihan pelabuhan Danau Toba Pika Hutagalung.

Atas nama kementerian perhubungan selaku kepala  KSPP danau Toba, pihaknya mengapresiasi program polri peduli lingkungan.

"Dengan kepedulian polri untuk turut membersihkan pantai danau Toba sangat berarti bagi kami, sehingga danau toba menjadi bersih dan bisa menarik simpati para wisatawan" Sebutnya.

(Patar Lumban Gaol)