Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Sah, ternyata rekanan Pemkab Simalungun yang mengerjakan proyek pengerasan jalan atau onderlagh di Nagori Simantin Dame Pane, adalah Anto Sitanggang.

"Mantap kali berita kita itu pra. Jadi sebagai perimbangan berita nanti kalau anggarannya itu kan pagu 191.000.000. Panjang onderlagnya 402 mtr, lebar 3 meter. Dan itu tidaklah diserak begitu saja. Batu itu disusun dan digilas alat berat. Dan menurut saya layak di jalani." Jawabnya melalui pesan aplikasi whatsapp, Minggu (16/04/2023) sekira jam 20.44 WIB.

Kembali Anto Sitanggang mengirim pesan bahwa ia kurang setuju terkait berita proyek onderlagh di Nagori Simantin Pane Dame, Kecamatan Panei, sementara sebelumnya saat dikonfirmasi terkait pengerjaan jalan tersebut ia mengelak.

Bahkan Anto mengaku bahwa dirinya welcome dengan media tanpa menjelaskan apa arti 'Wellcome',

"Maksudku gini loh pra. Kita kan selama ini msh sebatas apara kasi berita2 apara ke aku. Kalaupun mau apara naikkan berita pekerjaanku kan perlu jugalah apara konfirm tentang brp besaran anggaran dan volumenya. Biar enak berita itu naik. Kalau saya welcome nya sama kawan media." tulisnya lagi.

Warga Simantin Pane Dame Enggan Melintas

Warga Nagori Simantin Pane Dame, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun enggan melintas di Jalan Onderlagh yang dibangun Anto Sitanggang,

Selain besar, batu kerikil yang digunakan banyak berbentuk runcing. Jika tidak berhati hati dapat melukai kaki," ujarnya menambahkan.

Sebenarnya, jalan tersebut sangat rawan dilintasi khususnya penunggang sepeda motor. Apalagi saat hujan reda,

Pantauan dilokasi sesuai informasi Saragih, memang benar material jalan onderlagh menggunakan batu split berukuran besar.

Pemasangan batu split juga menurut Saragih, terkesan asal asalan. Sebab, batu split hanya diserakkan begitu saja.

Diperkirakan, panjang pembangunan jalan onderlagh mencapai lebih kurang 1.5 KM, jika dihitung, biaya yang dikucurkan untuk jalan tersebut menghabiskan 500-800 juta rupiah.

Sebelumnya melalui pesan aplikasi whatsapp, Anto Sitanggang mengelak terkait proyek pengerasan jalan (Onderlagh) di Nagori Simantin Pane Dame.

Namun ia membenarkan bahwa di Nagori Simantin Pane Dame, Kecamatan Panei pada Tahun 2022 lalu ada proyek pembangunan jalan onderlagh dikerjakan,

"Yg di simantin mana ini pra..ada jg kerjaan kita memang disitu tahun lalu." Jawabnya.