Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Meski baru siap dibangun, Kanopi Puskesmas Saran Padang, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun roboh.

Peristiwa itu tidak memakan korban jiwa karena Puskesmas Saran padang sedang tidak ada aktivitas.

Robohnya kanopi Puskesmas Saran Padang tersebut menjadi tanda tanya karena usia konstruksi masih terbilang baru.

"Umur bangunan yang terlalu muda ini ternyata kanopi roboh terbawa angin. Kualitasnya dipertanyakan." Kata R Purba selaku pemerhati Konstruksi, Jumat (10/02/2023).

R Purba meminta penegak hukum segera memeriksa dugaan kegagalan konstruksi yang dilaksanakan oleh Dinas kesehatan Simalungun.

“Kami akan segera meminta penegak hukum untuk memeriksa dugaan kegagalan konstruksi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Simalungun,” Bebernya.

Pemerhati Konstruksi itu juga akan menyiapkan berkas laporan kepada penegak hukum terkait robohnya kanopi puskesmas saran Padang.

“Kami akan menyiapkan semua bahan temuan untuk atensi penegak hukum agar bisa memeriksa dugaan kegagalan konstruksi tersebut,” tutur Raya.

Pantauan wartawan di lapangan, kerusakan terjadi pada dinding ruangan. Sejumlah kerusakan terjadi diduga kuat karena dikerjakan asal-asalan, di lokasi terlihat No kontrak SPP-03,1/PPK Fisik Tender DAK/Dinkes 2022, Tanggal Kontrak 19 Juli 2022 dengan nilai kontrak Rp 1.497.050.435,00.

Sementara, pejabat yang berwenang yakni PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Goksan Damanik, belum berhasil dikonfirmasi.

(Korlip)