Taput, Sumut,  Fokus24.id-Kota Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara mulai berlakukan hari bebas kendaraan (Car Free Day) setiap hari Minggu mulai jam 05.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Car Free Day dipusatkan di Jalan Sisingamangaraja, dari Simpang 4 menara lonceng hingga Kantor Pos Tarutung.

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, saat meninjau mengatakan, selama waktu yang ditentukan ruas jalan dapat dimanfaatkan sebagai sarana berolahraga, rekreasi dan ajang usaha/promosi.

"Kita menilai sangat perlu memberikan ruang publik sebagai relaksasi bagi masyarakat Tarutung yang ingin menikmati taman kota di Jalan Sisingamangaraja dengan suasana nyaman, tenang dan aman,” ucap Nikson Nababan, Minggu, (08/01/2023) di Sopo Partukkoan Tarutung.

Lanjut Bupati, untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini beberapa pimpinan dan staf perangkat daerah dilibatkan langsung serta tetap melakukan evaluasi sehingga CFD ini maksimal sehingga memberikan dampak postif bagi masyarakat luas.

"Kepada masyarakat diharapkan agar dapat memanfaatkan moment CFD ini dan kepada para pengguna kendaraan bermotor untuk mentaati ketentuan peralihan jalur yang telah ditentukan.

Seluruh lapisan masyarakat diminta menjaga semua fasilitas Taman agar tetap asri, nyaman, bersih, indah,

"Kita telah aturkan agar kegiatan ini jangan sampai mengganggu Rumah-Rumah Ibadah yang berdekatan dengan lokasi ini.” harap Bupati.

Tampak beberapa warga yang datang perorangan, kelompok maupun bersama keluarga turut menikmati kegiatan CFD perdana ini dengan melaksanakan berbagai kegiatan berolahraga seperti senam bersama, jogging, bersepeda serta menikmati suasana Taman Kota.

(Aman Siregar)