Taput, Sumut, Fokus24.id-Wajah Kota Tarutung, Tapanuli Utara (Taput), semakin cantik setelah Taman kota selesai dikerjakan dan di resmikan bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Senin ( 26/12/2022 ).

Taman kota Tarutung  berada di kawasan perkantoran yang terletak di jalan sisingamangaraja, dimana taman kota ini telah dibangun seperti air mancur kolam kering, sejumlah tanaman dan bunga, kursi tempat untuk pengunjung, penataan sumur tua, area olah raga luar dan lampu taman  yang semakin memperindah kota Tarutung di waktu malam.

Ide dan gagasan dari Bupati Nikson Nababan agar Kota Tarutung semakin cantik dan indah, sehingga warga Tapanuli Utara bisa menikmati wajah baru di Taput dan bukan hanya untuk warga Taput tapi juga untuk bisa dinikmati oleh semua warga yang berkunjung ke Tapanuli Utara dan menjadi pemantik wisata.

Bupati Nikson Nababan dalam arahannya menyampaikan bahwa konsep membangun Taput adalah Desa Kuat Kota Maju.

Desa-desa yang ada di Taput sudah dibebaskan dari keterisoliran maka Kota Tarutung pun penting untuk dipercantik.

“Saat ini masih tahap awalakan dilanjutkan penataan  taman kota atau alun-alun Kota Tarutung, saya harap kepada kita semua masyarakat Tapanuli Utara tempat ini bisa kita gunakan untuk bersantai rekreasi berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, untuk itu kepada Pak Kadis Perkim, Pak Camat Tarutung  dan Luhar agar tempat ini benar-benar diperhatikan, dijaga dan dirawat” ujar Bupati mengawali.

Nikson Nababan mengharapkan kerjasamanya untuk merawat tempat ini dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menggunakan semua fasilitasnya dengan bijak. Akan segera disediakan wifi dan harus ada juga CCTV untuk menghindari pengerusakan dan perbuatan tidak baik disekitar tempat ini.” lanjut Bupati.

Dalam laporaannya Kadis Perkim Budiman Gultom menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat kota Tarutung mengenai kebersihan, kelestarian, keserasian dan keseimbangan ekosistem perkotaan yang meliputi unsur lingkungan, sosial dan budaya.

Pembangunan Taman Kota dibiayai dari APBD Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2022  pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Tapanuli Utara.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat SH, didampingi Ketua TP PKK Taput Satika Simamora, dan Wakil Ketua TP PKK Taput Marsaulina Lumbantobing, Forkopimda Taput, Kadis Perkim Budiman Gultom dan beberapa pimpinan OPD terkait beserta camat dan lurah.

Aman Siregar)