Taput, Sumut, Fokus24.id-Ketua TP PKK Taput Satika Simamora  terima penghargaan Upakarti tahun 2022 dari Menteri Perindustrian Agung Gumiwang, di gedung Kementrian Perindustrian, Jakarta, Senin ( 19/11/2022).

Penghargaan Upakarti diberikan oleh Pemerintah kepada pihak-pihak yang berprestasi dan berjasa melakukan pengembangan pembinaan Industri Kecil Menengah ( IKM ).

Dalam itu, Satika Simamora, yang sudah lebih dari 5 tahun terakhir ini dinilai memberikan perhatian dalam kemajuan Industri Tenun Ulos di Tapanuli Utara, sehingga berdampak untuk memperluas kesempatan berusaha bagi masyarakat Tapanuli Utara.

"Ini merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi kita, ini semakin memacu saya untuk tetap melanjutkan perjuangan ini,” ucap Satika di awal sambutanya.

Lanjutnya, bertenun Ulos Batak, merupakan potensi yang sangat luar biasa dan harus di perhatikan dan didukung, selain itu masih banyak karya lokal yang layak dimajukan untuk peningkatan masyarakat luas.

"Untuk itu mari kita cintai produk lokal, ini harus dimulai dari diri kita sendiri,” tegas Satika Simamora.

Ketua TP PKK Taput juga berpesan supaya para pengerajin agar tetap semangat dalam berkarya, tunjukkan kreatifitas dengan hati yang tulus dan jujur.

"Kita bersama Pemkab Tapanuli Utara akan terus berjuang agar anggaran Pemerintah pusat turut mendukung kemajuan IKM dan UMKM,” akhir pesan Satika Simamora.

Penyelenggaraan Upakarti Tahun ini, panitia menerima 65 usulan peserta melalui situs resmi Upakarti, setelah melalui seleksi administrasi, substansi, pemeringkatan dan penjurian, melalui Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 3178 Tahun 2022, ditetapkan 10 penerima penghargaan Upakarti 2022.

(Aman Siregar)