Taput, Sumut, Fokus24.id-Ketua TP PKK Tapanuli Utara Satika Simamora, didampingi Kepala Dinas PMD Donny Raymond Simamora menghadiri pelatihan Ketua Dasawisma Desa/Kelurahan se-Kabupaten Tapanuli Utara, di Gedung Serbaguna Tarutung, Kamis, (15/12 2022).

Dasawisma adalah kelompok PKK yang terdiri dari 10 sampai 20 rumah yang berdekatan sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing yang dibentuk untuk mempermudah jalannya program PKK.

Dalam kegiatan ini, para Ketua Dasawisma Desa/Kelurahan se-Kabupaten Tapanuli Utara dilatih melakukan pendataan keadaan di lingkungan masing-masing sesuai 3 buku Dasawisma, yaitu pendataan kesehatan, pendidikan, kependudukan dan ekonomi serta potensi sekitar.

Dalam sambutanya, Satika Simamora mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu fungsi PKK untuk menghimpun, menggerakkan dan membina potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program TP PKK.

"Ketua Dasawisma dalam menghimpun  data  semua  harus akurat khususnya data tentang balita, ibu hamil, kesehatan, pendidikan, kependudukan dan ekonomi serta potensi sekitar," Satika Simamora.

Selain itu, Satika juga menyarankan agar para kader PKK Kabupaten Tapanuli Utara aktif dalam pengembangan UMKM di Desa masing-masing untuk mendukung peningkatan perekonomian keluarga.

“Saat ini kita sedang melakukan pengembangan UMKM dengan memanfaatkan potensi wilayah masing-masing, untuk itu saya harap kita harus pintar buat terobosan melalui potensi desa untuk membuat lebih baik dan menjadi contoh buat desa yang lain, Ibu hebat adalah ibu yang mampu berkarya dan mengurus keluarga," tegasnya.

Satika Simamora berharap para Ketua Dasawisma Desa/Kelurahan mampu menghimpun data yang akurat terkait keadaan di lokasi masing-masing khususnya permasalahan dan potensi yang ada untuk menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran.

(Aman Siregar)