Taput, Sumut, Fokus24.id-Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Utara Satika Simamora, menjadi narasumber pada kegiatan Bakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2022 bertempat di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan Tarutung. Rabu, (23/11/2022).

Satika Simamora memaparkan bahwa untuk membangun keluarga berkualitas diperlukan perencanaan yang matang.

“Data menunjukkan bahwa Angka Kelahiran Total (TFR) di Kabupaten Tapanuli Utara masih cukup tinggi, angka kehamilan/kelahiran yang tidak diinginkan dan resiko kelahiran bayi dan Ibu melahirkan juga cukup tinggi.” Ujar Satika.

Hal ini menunjukkan bahwa belum optimalnya penerapan program keluarga berencana. Semua masalah tersebut dapat dicegah dengan menerapkan program keluarga berencana. 

Keluarga berkualitas adalah yang merencanakan dengan matang baik dari segi finansial, pola asuh anak dan aspek lainnya. 

“Jadi, berencana itu keren dan dua anak lebih sehat,” pinta Satika Simamora.

Lanjutnya, bahwa ibu-ibu yang hadir saat ini masih usia produktif, harus bisa merencanakan kehamilannya agar kelak kebutuhan anak dapat terpenuhi dengan baik.

Satika Simamora juga memberikan apresiasi dan motivasi kepada Tim Pendamping Keluarga, Penyuluh KB dan Petugas Lapangan KB.

Pada kesempatan itu, Satika Simamora kemudian menyerahkan paket susu ibu hamil  bagi 50 Ibu Hamil seraya menekankan kepada para ibu hamil untuk segera mengikuti program Keluarga Berencana pasca persalinan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Sertifikat Penghargaan kepada Tim Pendamping Keluarga dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana.

Kepala Dinas PPKBP3A Donna Situmeang melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan peran keluarga, PKK dan BKKBN untuk keluarga kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) melalui momentum bakti sosial kesatuan gerak PKK - Bangga Kencana - Kesehatan.

(Aman Siregar)