Tebingtinggi, Sumut, Fokus24.id-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengambil sumpah jabatan dan melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi, menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi.

Sementara, Sekda Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Yetti br Sembiring, menjadi Pj Bupati Tapteng, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Selasa (24/05/2022)

"Pelantikan dilakukan setelah dua Kepala Daerah tersebut berakhir masa jabatannya. Keduanya akan mengisi kepemimpinan hingga November 2024." Kata Gubernur Sumut.

Tiga hal ditekankan kepada pejabat yang baru dilantik itu, Pertama, kedua Pj Kepala Daerah tidak boleh terlibat politik, karena berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Kedua, loyal kepada daerah dan juga pemerintah pusat, dan ketiga bisa bekerja sama dengan yang lain. 

Untuk pertama kalinya Pj Walikota dan Pj Bupati ditunjuk langsung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. 

Sebelumnya, Pj Walikota dan Bupati diisi pejabat eselon II yang ditunjuk masing-masing Gubernur, namun Gubernur Sumut tidak mempermasalahkan hal tersebut. 

"Saya tidak mempermasalahkan itu, yang menjadi masalah ketika dia tidak memimpin dengan baik. Maka bekerjalah semaksimal mungkin, bekerjasama dengan samping, atas dan bawah. Ini tidak mudah karena anda akan menjabat kurang lebih dua setengah tahun," ujar Gubernur Sumut. 

Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi, mengatakan, akan bekerja sebaik mungkin untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Sesuai dengan yang dikatakan Bapak Gubernur, kami berdua akan bekerja semaksimal mungkin demi kesejahteraan rakyat," ujar Pj Wali Kota Tebingtinggi didampingi Pj Bupati Tapteng. 

Pada pelantikan ini juga dilakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis kepada Pj Ketua TP PKK Tebingtinggi Harliaminda Dimiyathi.

Sementara untuk Kabupaten Tapteng, Ketua TP PKK dijabat langsung oleh Pj Bupati Tapteng Yetti br Sembiring. 

Hadir dalam pelantikan Pj Bupati dan Pj Walikota tersebut, Kapolda Sumut RZ Panca Putra Simanjuntak, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani dan Ketua BPK Perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan. 

Hadir juga unsur Forkopimda Sumut, OPD Pemprov, Umar Zunaidi Hasibuan, (Walikota Tebing Tinggi masa jabatan 2017-2022), OPD Pemko Tebingtinggi dan Pemkab Tapteng.

(Jaya Juntak)