Siantar, Sumut, Fokus24.id-Dedi Wibowo Damanik pimpin Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (HIMAPSI) Cabang Kota Pematangsiantar melalui Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub), di gedung Aula Pasca Sarjana USI, Jalan Sisingamangaraja, Sabtu (02/04/2022) siang.

Pada Muscablub yang berjalan alot dan menaikkan suhu dinamika, proses dan mekanisme pun menetapkan Dedi Wibowo Damanik terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Pengurus Cabang HIMAPSI Kota Pematangsiantar.

Dengan basis gerakan perjuangan yang selama ini dijalaninya, mengantarkan dirinya untuk dipercaya melanjutkan amanah dan tugas ke depan untuk tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan etnis Simalungun yang sudah mulai tergerus modernisasi.

Dihadapan para senioren, kader, dan DPP HIMAPSI, juga hadir perwakilan utusan dari Plt Wali Kota Pematangsiantar yakni Sofie M Saragih selaku Kaban Kesbangpol Pemko Siantar, Dedi dalam sambutannya usai terpilih mengatakan, dirinya siap berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah.

"Kita siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemko Siantar dalam menjaga kearifan lokal budaya Simalungun. Begitu juga akan ikut mendukung dan mengawal visi misi pemko dalam mewujudkan Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," ungkapnya, malam (02/04/2022).

"Keharusan bagi kami untuk menjunjung budaya Simalungun di Kota Pematangsiantar. Ini harga mati," tegasnya lagi.

Atas nama Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, Sp.A., yang diwakilkan Sofie Saragih, dalam sambutannya mengucapkan selamat atas terselenggaranya Muscablub Himapsi Siantar. 

"Ibu Plt Wali Kota Pematangsiantar mengucapkan selamat atas terselenggaranya Muscablub dan kepada pengurus Himapsi Siantar yang terpilih. Siantar adalah kota yang heterogen, semuanya ada di sini. Mari kita menjaga kota ini, agar terjalin ketentraman, kenyamanan, dan semakin maju." Ucap Sofie Saragih membacakan kata sambutan dari Plt Wali Kota Siantar.

Pemko Siantar memiliki visi dan misi dalam mewujudkan Kota Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas. 

"Harapannya, bersama dengan Himapsi Siantar dapat berkolaborasi dan bersinergi demi terwujudnya cita-cita kita semua," cetus Sofie.

Sofie juga mengingatkan, agar kepengurusan yang terpilih segera melengkapi administrasi ke pemerintah guna terdaftar sehingga tidak ada lagi kekeliruan kemudian hari.

Selanjutnya, Ketua Umum DPP HIMAPSI, Lamhot Rotuah Saragih, mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru. Ia juga menegaskan agar berkreasi.

"Banyak pekerjaan yang mau dikerjakan. Simalungun adalah sipukkah huta di Siantar. Berpegang teguhlah pada amanah yang diberikan kepada pengurus yang baru. Selain itu, mari kita berkreasi dan tetap melestarikan kebudayaan Simalungun khususnya di Kota Pematangsiantar," tegasnya.

Berikut Susunan Personalia Kepengurusan DPC HIMAPSI Kota Pematangsiantar :

Ketua : Dedi Wibowo Damanik
Wakil Ketua : Josua Damanik
Sekretaris : Ninang Saragih, S.Pd
Wakil Sekretaris : Oktavia Girsang, S.Pd
Bendahara : Eka Sumbayak, S.Pd

Ketua Bid. OKK : Lamhot F Silalahi
Wakil Sekretaris Bid. OKK : Itawari Garingging

Ketua Bid. Seni dan Budaya : Jhon Patardo Girsang
Wakil Sekretaris Bid. Seni dan Budaya : Agus F Devi Purba

Ketua Bid. Infokom : Benjamin Damanik
Wakil Sekretaris Bid. Infokom : Anita Sinaga

Ketua Bid. Pendidikan : Harry Lingga, SH
Wakil Sekretarus Bid. Pendidikan : Theo Firdaus Naibaho

Ketua Bid. Litbang : Prans Rudi Purba, ST
Wakil Sekretaris Bid. Litbang : Kuat Damanik

Ketua Bid. Hukum dan Advokasi : Nico Nathanael Sinaga, SH
Wakil Sekretaris Bid. Hukum dan Advokasi : Michael Girsang, SH

(Ded)