Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Kegiatan Donor Darah dilaksanakan serentak oleh seluruh UPT Pemasyarakatan di Indonesia, Kamis (24/03/2022) dimulai jam 09.00 s/d 13.00 WIB, 

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pematangsiantar dan dibantu oleh Para Medis Lapas Pematangsiantar. 

Adapun petugas Lapas Kelas IIA Pematangsiantar yang mendonorkan darah sebanyak 16 orang dengan Gol darah A sebanyak 3 kantong, Gol darah B sebanyak 2 kantong, Gol darah AB sebanyak 2 Kantong, dan Gol darah O sebanyak 9 Kantong. 

Sebelum mendonorkan darahnya, petuga terlebih dahulu melakukan pendaftaran lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan Kesehatan, cek Tensi, Timbang Berat Badan, cek darah dan anamnese kesehatan, 

Apabila lolos skrinning dan memenuhi persyaratan, petugas berhak mendonorkan darah, dan apabila tidak memenuhi persyaratan maka petugas tersebut ditunda dulu dalam mendonor sampai kondisi kesehatanya Memadai." Kata KPLP R Girsang.

Pihak Lapas mengucapkan Terimakasih kepada 16 orang pegawai yang telah mendonorkan darahnya kepada PMI Kota Pematangsiantar. 

"Atas kerjasamanya, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan dan kita semua diberikan kesehatan karena “Setiap tetesan darah sangatlah berarti bagi saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan". Imbuh KPLP.

Ini merupakan kegiatan yang berlangsung serentak untuk memperingati hari Bhakti Pemasyarakatan ke 58 Tahun 2022," pungkasnya.

(Red/Bobby/B Purba)