Siantar, Sunut, Fokus24.id-Ratusan anak muda dan mahasiswa dari berbagai kecamatan di Kabupaten Simalungun, berkumpul dan menyatakan dukungannya Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) dan Azi Pratama Pangaribuan (AZI).

Pertemuan tersebut berlangsung di Cafe Mili Kopi, Jalan Sisingamangaraja (dekat SPBU) pada Minggu (13/10/2024) sekitar pukul 15.00 WIB.

Para pemuda yang tergabung dalam wadah Sanriahma RHS-AZI, atau dikenal dengan Sahabat Milenial, menyatakan telah memahami berbagai persoalan yang dihadapi Kabupaten Simalungun. 

Hal tersebut menjadi dasar kesepakatan mereka, yang dilandasi oleh paradigma objektif, untuk mendukung RHS-AZI yang dianggap telah teruji dan pantas melanjutkan program-program pembangunan di Simalungun.

Ketua Sanriahma, Henson Garingging, menyampaikan kepada para peserta salah satu tugas utama Sanriahma adalah aktif di media sosial.

Menurutnya, peran anak muda sangat penting dalam menyebarluaskan informasi yang benar terkait kinerja RHS sebagai Bupati Simalungun, yang dapat terlihat melalui laporan setiap dinas di media sosial.

"Kita anak muda harus aktif mengamati perkembangan. Kelemahan kita adalah sering tidak melakukan cek dan ricek sehingga informasi yang kita terima dapat menumpuk menjadi kebencian. Padahal, kita berperan penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat," ujarnya.

Henson juga berharap agar Sanriahma bisa menjadi ruang diskusi bagi para perwakilan kecamatan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat, berperan sebagai perpanjangan tangan dari keluhan-keluhan yang ada.

"Membangun daerah itu dimulai dari kita untuk kita. Agar tujuan tersebut tercapai, mari kita bersama-sama mendukung RHS-AZI pada Pilkada serentak 2024," tutupnya.

Dalam sesi diskusi, Yanti Nasution, perwakilan dari Kecamatan Raya, mengajukan pertanyaan terkait program kartu SiKerja yang menjadi salah satu program unggulan RHS pada periode sebelumnya.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Hermanto Sipayung, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, menjelaskan bahwa program SiKerja telah terlaksana meskipun masih ada beberapa kekurangan.

"Sebagian program sudah terealisasi, seperti mengirimkan anak muda Simalungun ke luar negeri untuk pelatihan serta membantu masyarakat dengan alat-alat kelengkapan dapur melalui Dinas Koperasi," jelasnya.

Hermanto juga memaparkan sejumlah capaian RHS selama menjabat sebagai Bupati Simalungun, termasuk perbaikan infrastruktur jalan, pembangunan kantor di kecamatan, dan peningkatan pelayanan publik.

"Misalnya, sekarang pengurusan E-KTP sudah lebih mudah melalui kantor camat. Sebelumnya, kita harus pergi ke Raya (Pusat Pemerintahan) untuk mengurusnya," tambahnya.

Setelah sesi tanya jawab, acara diakhiri dengan Dedi Damanik dan Ninang Sidabalok yang memandu para peserta untuk menyanyikan jingle kemenangan RHS-AZI.

(Rel)