Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Pekerjaan pengaspalan jalan Bosi Sinombah Huta Saing, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun dikerjakan ketika kondisi jalan masih dalam keadaan basah.

“Menurut saya, pengaspalan yang dilakukan oleh pihak rekanan tanpa mengikuti pedoman dan prosedur yang tertuang, lihatlah kondisi jalan masih basah sudah diaspal,”Kata Sipayung, Senin (02/09/2024).

Dirinya mengaku miris, rekanan selaku pelaksana pekerjaan pengaspalan jalan terkesan tak mengacuhkan kondisi hujan ketika pelaksanaan proyek tersebut.

“Lalu bagaimana tanggapan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan dan bagaimana tanggapan konsultan pengawas pekerjaan (Supervisi)? Apakah memang diperbolehkan rekanan melaksanakan pekerjaan pengaspalan jalan dengan hot mix itu di saat hujan?,” tanya dia.

Pihaknya, mengaku melihat sendiri pihak rekanan menghampar aspal hot mix tersebut di saat hujan turun.

Selaku warga setempat yang juga mempunyai hak suara untuk berpendapat disaat pelaksanaan pembangunan untuk orang banyak dengan menggunakan uang negara, sangat menyesalkan hal itu terjadi.

“Kita khawatir, kualitas ataupun mutu pekerjaan tidak sesuai dengan harapan, dikhawatirkan jalan tersebut tidak akan bertahan lama,” tegasnya.

Pernah kami tanya kepada pemborong kenapa saat hujan dilakukan pengaspalan, lalu pemborong mengucapakan akan lebih bagus saat hujan dilakukan pengaspalan .

"Akan lebih bagus saat hujan dilakukan pengaspalan, ucap salah seorang pekerja kepada masyarakat," warga yang bermarga Sipayung.

Kadis PU Simalungun Hotbinson Damanik hingga saat ini belum dapat di konfirmasi mengenai pengaspalan jalan. 

(jun)