Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Tiga oknum tenaga pendamping desa di Kecamatan Gunung Malela terlibat mendukung salah satu calon legislatif (Caleg).

Informasi dihimpun, ketiganya sering musyawarah merancang strategi untuk memenangkan caleg bersama 5 orang lainnya di depan kantor pemenangan, di Jalan Asahan, Nagori Senio, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun,

"Ketiga oknum itu Id rus, Ki ki dan Ma war. Mereka bertiga sering di kantor pemenangan." ungkap mengaku bernama Andi, Rabu (07/02/2024) sekira jam 15.00 WIB.

Sesuai informasi, Fokus24.id langsung menuju lokasi. Di lokasi, terlihat hanya Idrus dan Kiki bersama Caleg dan 5 pria lainnya sedang rapat, sekira jam 16.00 WIB.

Tepat jam 19.00 WIB, Ma war pun ikut bergabung bersama caleg, Id Rus dan  Ki ki. Sebelumnya Ma war sudah menunggu sejak jam 15.00 WIB.

"Bentar ya bang. Sudah dipanggil caleg itu aku. Rapat dulu kami ya." ujar Ma War kepada seorang pria yang sedang nongkrong di depan kantor.

Setelah Ma War masuk ke dalam ruangan, Fokus24.id lalu bertanya kepada seorang pria berperawakan gempal, apakah benar ini kantor caleg yang fotonya terpajang diatas dinding rumah, pria tersebut menjawab,

"Benar bang. Pria dan wanita itu yang menjaga kantor ini. Kalau pria yang disana jualan minuman disini." jawabnya.

Tak lama berselang, caleg bersama ketiga pendamping desa pun keluar dari salah satu kamar.

Saat itu, Ki ki pertama sekali keluar dari dalam kamar. Raut wajahnya terlihat seperti sesak nafas karena berat badan dengan tingginya tidak seimbang sehingga membuat  terengah engah sembari memasukkan segepok kertas seperti lembaran merah.

Setengah jam kemudian, langkah kaki Ki ki pun diikuti Id Rus dan Ma War. Keduanya keluar hendak pulang.

"Permisi ya bang. Pulang duluan ya. Dah malam. Ketua masih di dalam kamar." kata Ma War.

Tak lama berselang setelah kepergian Ma war, caleg bersama Id Rus pun beranjak. Dengan langkah tegap, keduanya meninggalkan kantor sekira jam 21.00 WIB.

Dikonfirmasi melalui sambungan handphone seluler terkait dirinya keluar dari kamar dan apa tujuannya karena saat ini dia bersama rekannya masih berstatus pendamping desa, Ma War menjawab terserah, “Terserahlah bang.” jawabnya.

Sementara Ketua Panwascam Gunung Malela, Riduan alias Mamek mengatakan sudah mendapat laporan tentang ketiga pendamping desa mendukung salah seorang caleg,

“Sudah ada laporannya dari warga seminggu lalu. Sudah kita surati pimpinan pendamping desa. Ini kita kasih lagi surat peringatan. Kalau masih dilakukan kita lakukan tindakan tegas.” Jawabnya melalui sambungan handphone seluler, Jumat (09/02/2024) jam 11.00 WIB.

(Bahtiar Damanik)