Siantar, Sumut, Fokus24.id-Pagi yang cerah di Jalan Surabaya Kota Pematang Siantar, seorang pria berkacamata dengan rambut disisir kebelakang berpakaian kemeja putih lengan panjang dan celana panjang hitam tampak bercengkrama bersama 4 warga, Rabu (31/01/2024).

TJS singkatan namanya atau saat rapat paripurna DPRD Kabupaten Simalungun berlangsung, seluruh rekannya memanggil Ketua ‘Timbul Jaya Sibarani’.

Timbul Jaya Sibarani, saat ini sebagai Ketua DPRD Simalungun, usai bercengkrama dengan keyakinan penuh dia tidak sungkan sungkan memberikan lembaran kertas kepada seorang wanita berkulit putih tergolong mampu dari sisi finansial.

Wanita penerima lembaran kertas itu pun dengan sukacita menyambut tangan kekar TJS dan secepat kilat lengan putihnya ia sodorkan lalu memasukkan benda nominal berwarna merah ke dalam kantung celananya.

Sembari tersenyum, wanita tersebut langsung beranjak dari tempat dia berdiri. Timbul Jaya Sibarani dengan sikap sigap seperti gaya veteran lalu mengangkat tangan sebelah kanan siap gerak berikan hormat.

Pagi itu, mata yang memandang menilai TJS beri hormat angkat tangan terlalu berlebihan. 

“Seperti anggota pasukan memberi hormat kepada pimpinan. Masyarakat tahu kinerja TJS selama memimpin DPRD Simalungun. Kalau ada maunya ya begitu.” Celetuk pejalan kaki.

Penerima Nominal Pukul Jidat

Sebelum menerima lembaran kertas nominal dari Timbul Jaya, wanita itu tampak memukul jidatnya pertanda ada sesuatu yang tidak berkenan dihatinya. Kesannya, saat itu wanita tersebut ingin menyampaikan unek unek kepada TJS.

Aksi pukul jidat itu sepertinya diketahui TJS. Pria klimis itu langsung menyulut sebatang rokok lalu sesekali pandangannya diarahkan ke tempat lain.

Meskipun pandangannya terarah ke titik lain, dalam benaknya TJS tahu betul apa maksud tujuan wanita berkulit putih memukul jidat. Wajar, selama bergelut di dunia politik, TJS banyak menghadapi beragam tipikal manusia.

Disaksikan seorang pria berkulit putih dan dua wanita serta beberapa mata memandang dari dalam warung kopi, niat wanita tersebut pun tersampaikan dan berujung penyerahan benda nominal.

Sepasang Mata dengan Kamera 

Tanpa ia sadari, dari satu sudut warung sepasang mata dengan kamera handphone berhasil membidik aksi sang dewan terhormat.

Alhasil, aksi sang Ketua DPRD Simalungun yang kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Tingkat I (SUMUT) pun viral di salah satu akun media sosial dan menjadi pembahasan masyarakat.

Hingga kini, motifasi TJS memberikan segepok benda kertas kepada wanita berkulit putih di jalan Surabaya Kota Pematangsiantar belum diketahui.

Sebab, saat dikonfirmasi melalui aplikasi WhatsApp android, ternyata sang pemimpin yang beberapa tahun terakhir ini sering disorot sejumlah kru media telah memblokir no handphone wartawan Fokus24.id.