Taput, Sumut, Fokus24.id-Hujan disertai angin puting beliung mengakibatkan sebatang pohon kemiri yang tinggi besar tumbang  menimpa rumah salah seorang warga Pagaran Selasa, (05/12/2023).

Rumah yang tertimpa pohon tersebut milik Mardongan Lumbantoruan (54) warga Desa Parhorboan Kecamatan Pagaran Kabupaten Tapanuli Utara.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi S.I.K M.H. melalui Kapolsek Siborongborong AKP Souit Purba S.H.

Dijelaskan, hasil olah TKP dan keterangan saksi yang di himpun di tempat kejadian dijelaskan, saat itu hujan gerimis tiba-tiba angin puting beliung menimpa wilayah tersebut.

Akibatnya pohon kemiri yang besar dan tinggi berada di belakang rumah itu pun tumbang menimpa rumah mereka hingga atap nya roboh sampai keruang tengah.

Saat itu Sorna Sibarani (40) istri Mardongan bersama putrinya Rianty Rotua Lumbantoruan (14) berada di dalam rumah di ruang tengah sedang melipat kain tertimpa runtuhan bangunan yang tertimpa pohon.

"Lalu Sorna Sibarani menjerit meminta tolong agar tetangga datang untuk melepaskan mereka dari jepitan pohon." Jelas Kapolsek

Mendengar suara minta tolong salah seorang saksi yang merupakan tetangga korban Gibson Lumbantoruan datang dan menolong mereka berdua.

Setelah berusaha melepas mereka dari timpaan pohon, keduanya pun langsung di larikan warga ke rumah sakit Santa Lucia Siborongborong karena mengalami luka-luka.

Sayang, karena korban Rianty Rotua Lumbantoruan mengalami luka parah, setelah sempat di rawat, sekira pukul 21.00 wib hari itu juga mengembuskan napas terakhir dan meninggal dunia. Sementara ibuna hanya mengalami luka-luka ringan.

Kapolsek menambahkan, pohon kemiri yang tumbang tersebut berada di belakang rumah korban berjarak sekitar 20 meter, namun pohonnya sudah tinggi dan besar. Diperkirakan besar pohon tersebut berdiameter 80 Centi meter dan tingginya sekitar 30 meter.

"Selain rumah Mardongan beberapa rumah warga juga mengalami kerusakan antara lain Rumah Gibson Lumbantoruan, Apoan Simamora (56), Ampin Efendi Purba (22)  dan Arlan Simamora (44)." Ujar Souit Purba.

(Patar Lumban Gaol)