Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Bulan Ramadhan 1444 Hijriah tinggal menghitung hari untuk memasuki gerbang perayaan Idul Fitri.

Hampir sebulan penuh rasa lapar dan dahaga telah menggembleng kesabaran dan keteguhan iman umat yang melaksanakan ibadah puasa.

Kini perjuangan hampir membuahkan kemenangan, karena hari raya Idul Fitri menunggu hitungan hari.

Dari balik jeruji besi, ternyata banyak narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar, melaksanakan ibadah puasa dari kesadaran diri sendiri.

Malam hari, para napi juga aktif  melaksanakan sholat tarawih berjamaah.

Melihat itu, jajaran aparatur di Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar memberikan dukungan dengan menyiapkan ekstra puding (makanan tambahan) melalui layanan penyediaan bahan makanan.

Bukan hanya itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar menggelar acara buka puasa bersama narapidana pada Selasa

"Kegiatan ini sebagai bentuk silaturahmi dan toleransi yang terajut erat antara petugas dan narapidana." Kata Kalapas Narkotika Kelas II Pematang Siantar Robinson Perangin Angin, Selasa (18/04/2023).

Tak lupa Kalapas mengucapkan terimakasih atas keikutsertaan warga binaan dalam acara buka bersama,

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas keikutsertaan warga binaan dalam acara buka bersama ini, dan berharap ibadah puasa akan terlaksana dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Kemudian ia mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, "Saya ucapkan mohon maaf lahir bathin manakala ada kata dan perbuatan saya yang kurang berkenan di dalam menjalankan tugas,” ungkapnya.

Kegiatan buka puasa bersama tersebut berlangsung penuh khidmat. Peserta yang hadir selain Kalapas adalah kegiatan para pejabat struktural, staf administrasi dan staf pengamanan.